Dupeng-kali ini akan membahas tentang Bagaimana membuat proposal sebuah usaha, dalam membuat usaha tentu anda harus membuat sebuah proposal sebagai planing usaha nanti, proposal ini sangat penting dan harus dibuat sedemikian rupa. adapun hal yang di perhatikan dalam membuat proposal yaitu sebagai berikut:
Hasil Studi Kelayakan Usaha yang membahas tentang potensi pasar targeting dan segmenting
Hasil Studi Kelayakan Usaha yang membahas tentang potensi pasar targeting dan segmenting
- Kebutuhan investasi atu modal
- Biaya operasional
- Neraca awa yang berisi estimasi pendapatan,margin, biaya ops dan keuntungan
- Strategi bisnis
Setelah memperhatikan beberapa hal tersebut langkah selanjutnya adalah membuat sebuah kerangka dan perhitungan sedemikian rupa agar hasilnya menjadi baik. berikut adalah CONTOH MEMBUAT PROPOSAL USAHA PEMANCINGAN hasil karya anak bangsa:
PROPOSAL USAHA
KOLAM PEMANCINGAN
(fhishing)
DISUSUN
O
L
E
H
Soni Setiawan
SMK PGRI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH
Tp.2013/2014
Daftar isi
I.
Latar Belakang
II.
Tujuan.
III.
Segmentasi Produk
-
Menganalisis
potensi pasar
-
Menentukan
objek pasar
-
Menetapkan
target sasaran pasar
IV.
Keunggulan Produk
V.
Analisis SWOT
-
Strenght
(kekuatan)
-
Weakness
(kelemahan)
-
Opportinity
(peluang)
-
Treath
(ancaman)
VI.
Analisis UP
-
Product
(produk)
-
Price
(harga)
-
Promotion
(promosi)
-
Place
(tempat)
VII.
Aspek Keuangan
VIII.
penutup
I.
latar
belakang
suatu lokasi ditotokaton dimana
lokasi tersebut dekat dengan suatu ledengdan juga terletak di pinggir jalan
raya. Terdapat tanah kosong dan cukup luas milik juragan yang belum ada rencana
pembangunan dari informasi yang saya dapakan bahwa tanah tersebut dapat disewakan
untuk beberapa tahun kedepan. Kebetulan saya punya ide untuk membangun usaha
tempat pemancingan ikan. Hal ini berkaitan dengan hobi saya memancing ikan, dan
juga beberapa kilo meter didesa
totokaton juga ada tempat pemancingan yang cukup ramai dimana pengunjungnya
adalah warga totokaton dan sekitarnya dan bahkan ada juga pengunjung yang
datang dari luar desa totokaton. Dimana tanah tersebut diizinkan atau
diperbolehkan untuk pembangunan usaha tempat pemancingan ikan.
Dari survei ke beberapa tempat pemancingan
lainya bahwa pemintaan tempat rekreasi dan hiburan pemancingan didesa totokaton
dan sekitarnya lumayan tinggi hal ini memperkuat saya untuk membangun usaha
pemancingan ikan.
II.
Tujuan.
Tujuan saya memilih usaha ini adalah
:
-
Mengingat
pentingnya usaha pemancingan dan melihat besarnya permintaan masyarakat akan
rekreasi dan hiburan, maka saya membuka tempat pemancingan ini sebagai rekreasi
serta pelepasanpenat para karyawan kantor yang baru saja pulang kantor serta
untuk menenangkan diri setelah seharian bekerja, dan juga bisa dijadikan hobi
bagi anda par pemancing.
-
Menginginkan
laba sebesar-besarnya untuk memajukan usaha dan menambah fasilitas dikolam
pemancingan saya.
-
Menarik
minat konsumen untuk berkunjung.
-
Mencapai
target pasar agar supaya pemancingan ini terkenal dan bisa membuka cabang
didesa totokaton bahkan sampai lauar desa.
III.
Segmentasi Pasar
-
Menganalisa
potensi pasar
Dalam
menjalankan usaha ini kita harus mengetahui potensi pasar bagaimana produk yang
kita jual bagaimana kelemahan kekuranagn atau kelebihan/keunggulan produk yng
kita jual agar konsumen tidak kecewa tas porduk/jasa pelayanan yang kita
berikan kepada para konsumen/pengunjung.
-
Menentukan
objek pasar.
Dalam
menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dan dapat dicapai atau dijangkau
oleh konsumen.
-
Menentukan
target dan sasaran pasar.
Dalam
menjalankan usaha ini kita harus menetapkan trget pasr usah dengan melihat
perbedaan agar produk yng kit tawarkan bisa dijangkau konsumen.
IV.
Keunggulan Produk.
Keunggulan
produk ini yaitu:
-
Belum
banyak orang yang membuka usaha pemancingan ikan, khususnya didaerah totokaton
dan sekitarnya sehingga menjadikan usaha ini menjadi peluang usaha baru yang
menguntungkan bgi pengusaha dibidng perikanan.
-
Usaha
ini memiliki berbagai macam manfaat disamping bisa menjalankan hobi juga bisa
melepaskan penat dn juga bisa melatih kesabaran dan juga menjadikan tempat
berlibur bersama keluarga kerabat teman atau pacar.
setiap kegiatan untuk memuli usaha, maka hal yang harus
dilakukan dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau
pesaing adalah analisis SWOT :
1. Strenght (kekuatan)
-
Menjul
produk untuk semua kalangan masyarakat.
-
1
kolam terdiri dari 1 jenis ikn dan kolam ada 5, 3 untuk pemancingan 2 untuk
penampungan.
2. Weakness (kelemahan)
-
Kelemahan
dari produk usaha ini adalah ikan bnyak yang stres/mati jika sering diberi
makan.
3. Opportunity (peluang)
-
Tempatnya
yang strategis yaitu dipinggir kali dan dekat dengan jalan raya yang
memungkinkan untuk dijangkau konsumen.
4. Trought (ancaman)
-
Adanya
pesaing yang membuka usaha yang sama.
VI.
Analisis UP
1. Product (produk)
2produk yang kami
pasarkan adalah dibidang rekreasi dan hiburn yitu pemancingan ikan
2. Price (harga)
Harga tiket masuk yaitu
40.000 untuk ikan gurame 35.000 untuk ikan mujair dan 45.000 untuk ikan emas
harga tiket termasuk pakan dan kursi.
3. Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi
ini kami menebarkan brosur dan iklan dimedia cetak.
4. Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu
dipinggir ledeng dan dekat dengan jalan raya karen tempatnya yang strategis
memungkinkan konsumen menjangkau tempat ini dengan mudah.
VII.
Aspek Modal
1. Pembangunan kolam 5 unit = 7.500.000
Pembangunan pondok 50
unit x 250.000 = 12.500.000
Meja dan kursi =
250.000
Pompa air =
2.500.000
Asbes =
8.400.000
Ikan mas 25.000 x 50 =1.250.000
Ikan gurame 25.000 x 50 =1.250.000
Ikan mujair 20.000 x 50 = 1.000.000
Pakan 2.250.000 x 2 =4.500.000
Sewa lahan permusim =2.000.000
Bambu 250 batang =250.000
Paku
=250.000
jumlah =
23.400.000
2. Perhitungan keuntungan
harga jual = 45.000 x 100
pengunjung = 4.500.000
biaya penjualan
pembuatan brosur = 30.000
biaya listrik = 10.000
biaya
transportasi = 60.000
=
100.000
Perhitungan margin
keuntungan 100.000 x 100%
=2,22%
4.500.000
Jadi laba
bersih 23.400.000 – 4.400.000 = 19.000.00
VIII.
Penutup
Dalam rangka ikut berpartisipasi
mencerdaskan kehidupan bangsa masyarakat SMK PGRI 1 PUNGGUR yang ikut mambantu
siswa siswi melalui kegiatan membuat proposal usaha .
Hal ini dilandaskan karena masih
banyak siswa siswi yang kurang mengetahui tantang pemahaman menyusun proposal
usaha. Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang siswa siswi
terhadap tanggung jawabnya sebagai murid.
Oleh karena itu telah menyelesaikan
proposal ini untuk memenuhi latihan praktik membuat proposal usaha. Proposal
usaha ini kami buat sebaik-baiknya dan semoga bermanfaat bagi diri penulis
sendiri pada khususnya dan para pembaca
pada umumnya, ada kata-kata yang kurang berkenan bagi para pembaca kami mohon
maaf sebesar-besar, dan saya berharap usaha ini bisa lebih maju karena usaha
ini sangat baik bagi para wirausahawan
Bagaimana anda tertarik untuk membuat proposal dan usaha pemancingan ini tentunya sangat menguntungkan dan memiliki potensi kesuksesan yang besar, namun pengalaman ilmu dan semangat tidak kalah pentingnya dan sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha ini.
Terimakasih telah berkunjung di Dunia Pengetahuan, semoga apa yang saya inginkan dalam membuat artikel proposal ini tercapai.
Bagaimana anda tertarik untuk membuat proposal dan usaha pemancingan ini tentunya sangat menguntungkan dan memiliki potensi kesuksesan yang besar, namun pengalaman ilmu dan semangat tidak kalah pentingnya dan sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha ini.
Terimakasih telah berkunjung di Dunia Pengetahuan, semoga apa yang saya inginkan dalam membuat artikel proposal ini tercapai.
Untuk melihat dan membaca tentang artikel yang lain berkaitan dengan Budidaya dan Pertanian silahkan KLIK DISINI