Contoh Karya Tulis MINYAK KELAPA

Sobat DUPENG Kali ini DUPENG akan memberikan Contoh Karya Tulis MINYAK KELAPA Kalian tinggal copas/copi-paste lalu print
disini masih banyak kekurangan maka dari itu mohon diperbaiki lagi sebelum di printout



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kepada ALLAH SWT. Karena berkat rahmat taufik hidayah dan inayahnyalah, karya ilmiah dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia,pada semester II, ditahun ajaran 20I2, dengan membuat karya tulis ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang pembuat minyak kelapa murni. Dalam penyelesaian karya tulis ini kami banyak mengalami kesulitan terutama disebabkan kami yang belum begitu mengetahui tentang minyak kelapa murni.Namun berkat bimbingan dan bantuan dari beberapa pihak serta kerja keras saya,karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Karena itu sudah sepantasnya saya mengucapkan terimakasih kepada:


  1. Orang tua dan keluaga saya tercinta yang banyak memberikan motivasi serta do’a dan bantuanya, baik secara moral ataupun spiritual.
  2.  Bpk.Sulam selaku guru yang membimbing saya dalam membuat karya tulis ini.
  3. Narasumber yang telah memberikan informasi kepada saya secara detail dan sebenar-benarnya      Harapan saya semoga karya ilmiah yang sederhana ini dapat memberikan  kesadaran tersendiri bagi generasi muda bahwa kita juga harus mengetahui manfaat minyak kelapa murni.  Dan kami mengharapkan adanya kritikan serta respon yang positif, guna penulisan yang lebih baik lagi dimasa mendatang. Sekian dan terimakasih.


MOTTO

1. SEGALA SESUATU AMAL PERBUATAN MANUSIA ITU TERGANTUNG   DARI PADA   NIATNYA.

2. ALLAH SWT. TIDAK AKAN MERUBAH NASIB SUATU KAUM/MANUSIA KECUALI KAUM/MANUSIA ITU SENDIRI YANG MERUBAHNYA.


3. JADIKANLAH KEKALAHAN KITA SEBAGAI AWAL KEMENANGAN KITA.

4. ILMU ADALAH HARTA PALING BERHARGA UNTUK HIDUP KITA.

5. HATI ADALAH RAJA MAKA BERILAH IA MAKANAN DENGAN ILMU SEBAB JIKA LEWAT TIGA HARI IA TIDAK DIISI OLEH MAKANAN BERUPA ILMU MAKA AKAN MENGERAS DAN AKHIRNYA MATI.








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..............................................................................
HALAMAN PENGESAHAN...................................................................2
DAFTAR RIWAYAT HIDUP...................................................................3
KATA PENGANTAR..............................................................................4
MOTTO..............................................................................................5
DAFTAR ISI.........................................................................................6
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah................................................8
1.2 Rumusan masalah.........................................................9
1.3 Tujuan penulisan...........................................................10
1.4 Manfaat penulisan........................................................10
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian minyak kelapa murni.....................................11
2.2 Perbedaan minyak kelapa murni dengan minyak 
Kelapa biasa..................................................................11
2.3 kelebihan minyak kelapa murni.......................................12
BAB III METODE PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
3.1 metode penelitian.............................................................13
3.2 Pengolahan minyak kelapa murni.....................................13
3.3 pemanfaatan minyak kelapa murni………………………………..15
3.3 pemanfaatan untuk pengobatan penyakit……15
3.3.1 Pemanfatan untuk kosmetik...........................16
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan...............................................17
4.2 Saran...........................................................17
DAFTAR PUSTAKA..........................................................18




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Minyak kelapa sudah dikenal di Indonesia sejak lama. Penggunaan minyak kelapa dalam kehidupan sehari-hari sangat luas seperti untuk minyak goreng/bahan makanan, obat-obatan,bahan pembuat sabun,pembuat minyak rambut, dan sebagainya. Ada beberapa cara yang di kenal untuk membuat minyak kelapa yakni cara pressing,rendering.minyak kelapa saat ini kurang di gunakan di masyarakat,karena minyak kelapa yang di hasilkan saat ini bermutu kurang baik, masyarakat lebih banyak memilih minyak yang berlebel mewah yang mempunyai daya simpan lebih lama dan tidak berbau tengik bila dibandingkan minyak kelapa murni.
Untuk melakukan perbaikan mutu minyak kelapa, balai penelitian tanaman kelapa dan palma lain (BALITKA) Manado telah melakukan serangkain pengujian untuk memperbiki teknik pengolahan minyak kelapa.Dari hasil pengujian diperoleh minyak kelapa yang mutunya lebih baik dari sebelumnya. Minyak kelapa yang dihasilkan memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang rendah,berwarna bening dan berbau harum(tidak tengik).dan daya simpanya lebih lama (dapat lebih dari satu tahun) minyak itu diseebut virgin coconut oil (minyak kelapa murni).



Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mianyak kelapa murni seperti: obat penyakit jantung dan kanker. Minyak ini juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh,dapat membantu mencegah infeksi virus, mendukung sistem kekebalan tubuh,menyediakan sumber energi dengan cepat,menyediakan nutrisi penting bagi tubuh, membantu kelembutan kulit, tidak menaikan kolesterol dan tidak menyebabkan kegemukan. Minyak kelapa murni juga dimanfaatkan sebagai industri farmasi,kosmetika dan susu formula.Pada saat ini minyak kelapa murni digunakan sebagai produk shampo, detergen, minyak telon, dan minyak rambut,(siswono 2006).
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian minyak kelapa murni....?
2. Apa perbedaan minyak kelapa murni dengan minyak kelapa    biasa.?
3. Apa kelebihan minyak kelapa murni..?
4. Bagaimana pengolahan minyak kelapa..??
5. Bagaimana manfaat  minyak kelapa murni untuk pengobatan..?
6. Bagaimana manfaat minyak kelapa murni untuk kosmetik.?




1.3 TUJUAN PENULISAN
1. Untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang manfaat minyak kelapa murni.?
2. Untuk memenuhi persyaratan mengikuti ulangan semester genap.

1.4 MANFAAT PENULISAN
1. Sebagai bahan informasi bagi masyarakat untuk mengenal dan mendapatkan minyak kelapa murni.
2. Melatih diri dalam membuat karya tulis
3. Sebagai bahan latihan dan belajar mengenai karya tulis











BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian minyak kelapa murni
Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) terbuat dari daging kelapa segar,Prosesnya semua dilakukan dalam suhu relatif rendah,daging buah kelapa di peras santanya, santan ini diproses lanjut melalui pemanasan dengan suhu rendah,fermentasi,pendingin,penambahan enzim tekanan mekanis atau sentrifugasi.
Penambahan zat kimiawi anorganis dan pelarut kimia tidak dipakai serta penggunaan suhu tinggi juga tidak diterapkan. Dan nanti hasilnya berupa minyak kelapa murni yang rasanya lembut dan bau khas kelapa yang unik serta sehat untuk tubuh kita.

2.2 PERBEDAAN MINYAK KELAPA MURNI DENGAN MINYAK
       KELAPA BIASA
Berbeda dengan minyak kelapa kopra yang pembuatanya melalui proses pemanasan sehingga sifat minyak yang akan dihasilkan  bewarna kuning kecoklatan dan berbau tengik serta daya simpananya tidak lama. Dengan bahan baku yang mudah didapat dan harganya murah serta pengolahan yang sederhana(tanpa pemanasan)  membuat minyak kelapa murni lebih ekonomis dibandingkan minyak kelapa kopra yang proses pengolahanya dengan pemanasan. Dari segi ekonomi minyak kelapa murni mempunyai harga jual tinggi dibandingkan minyak kelapa kopra sehingga minyak kelapa murni lebih menguntungkan untuk dikembangkan serta dijadikan usaha.

2.3 KELEBIHAN MINYAK KELAPA MURNI

1. Bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama
2. Stabil secara kimia
3. Tahan terhadap panas
4. Tidak menghasilkan lemak trans
5. Baik untuk kesehatan tubuh manusia
6. Dapat dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit
7. Alat dan bahan pembuatan lebih murah
8. Pembuatanya lebih mudah




BAB III
METODE PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

3.1 Metode penelitian
Metode penelitian adalah metode yang digunakan dalam penelitian.
Dan disini kami menggunakan metode dari sumber media yang telah ada. Dan melakukan observasi.

3.2 Pengolahan minyak kelapa murni
Tips Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Menghasilkan minyak kelapa murni yang jernih, beraroma wangi, dan tahan lama hanya memerlukan sedikit pengalaman. Pada dasarnya pembuatan minyak kelapa murni dilakukan dengan tiga cara seperti berikut.


A. PEMANASAN

Proses pembuatan VCO dengan pemanasan hampir sama dengan cara membuat minyak kelapa secara tradisional. Pertama, kelapa dibuat santan dengan mencampurkan 1 kg parutan kelapa dengan 2 liter air. Santan tersebut kemudian didiamkan selama lebih kurang 12 jam. Setelah didiamkan, santan akan terbagi menjadi tiga lapisan. Lapisan pertama disebut krim (kanil—Jawa), lapisan kedua skim yang berupa protein, dan lapisan ketiga berupa air.

Lapisan paling atas yang berupa krim diambil dengan cara disendok supaya tidak bercampur dengan larutan lapis kedua. Pengambilan krim juga bisa dilakukan dengan menyedotnya menggunakan selang kecil. Selanjutnya krim tersebut dipanaskan supaya terbentuk minyak. Berikut ini proses pemanasan krim sampai menjadi minyak kelapa murni. Masukkan krim ke dalam wajan yang sudah mulai dipanaskan. Lebih baik menggunakan wajan antilengket agar mudah dalam membersihkannya.

Wajan yang digunakan untuk memasak krim sebaiknya tidak digunakan untuk memasak masakan lain supaya aroma minyak yang dibuat tidak terpengaruh. Gunakan api kecil dan aduk krim perlahan-lahan supaya tidak hangus dan blondo tidak menjadi berwarna kecoklatan. Hentikan pemanasan jika telah terjadi pemisahan blondo dengan minyak.
Selanjutnya angkat dan dingikan. Saring blondo dari minyak. Pres blondo agar semua minyak keluar. Semua minyak yang diperoleh ini masih merupakan minyak mentah. Panaskan kembali minyak hingga didapat minyak yang lebih jernih.

Jika di dalam minyak masih terdapat blondo, usahakan tetap berwarna cokelat muda dan tidak hangus. Saring minyak dengan kertas penyaring untuk mendapatkan minyak yang jernih. Selain dengan penyaringan, minyak kelapa juga bisa diendapkan beberapa lama sehingga diperoleh minyak bening di bagian atas. Dengan cara ini, untuk mendapatkan 1 liter minyak, membutuhkan 10-15 butir kelapa.

B. FERMENTASI

Dengan pembuatan minyak kelapa dengan fermentasi, krim yang didapat dicampurkan dengan enzim untuk memecahkan emulsi. Enzim yang bisa digunakan di antaranya enzim mikroba atau ragi dari Saccharomyces cerevisae. Bisa juga menggunakan enzim pemecah emulsi lainnya, seperti poligalaktruronase, amilase, atau pektinase. Berikut ini langkah-langkah membuat minyak kelapa dengan fermentasi.

¬-Krim yang diperoleh dari santan dicampur dengan
enzim pemecah emulsi yang berupa cuka nira dengan perbandingan 2 sendok makan cuka nira untuk 1 liter krim santan. Campuran diaduk sampai merata dan difermentasi selama 10-14 jam. Biarkan larutan krim terfermentasi 1-2 hari.

- Fermentasi dikatakan berhasil jika diperoleh tiga lapisan dalam krim yang difermentasi yakni,fninyak, blondo, dan air. Pisahkan lapisan minyak secara hati-hati menggunakan gayung atau selang kecil. Panaskan kembali minyak tersebut dengan suhu sekitar 60° C hingga minyak murni berwarna jernih dan beraroma khas.

C. MINYAK PANCINGAN
Dengan teknik pemancingan, molekul minyak dalam santan ditarik oleh minyak pancing sampai akhirnya menjadi minyak semuanya. Tarikan itu akan mengubah air dan protein yang sebelumnya terikat dengan molekul santan menjadi terputus. Teknik ini pada dasarnya mengubah bentuk emulsi minyak-air menjadi minyak-minyak.


Berikut ini langkah pembuatan minyak kelapa murni dengan cara pancingan.
Pilih 10-15 butir kelapa yang sudah tua untuk memperoleh 1 liter minyak perawan. Kelapa diparut, dicampur air sebanyak 6 liter, dan diperas hingga diperoleh santan. Santan tersebut didiamkan selama lebih kurang 1 jam sehingga krimnya terpisah dengan skim dan air.

Kumpulkan krimnya dan buang airnya. Dari 10-15 butir kelapa biasanya akan diperoleh 3 liter krim. Krim yang terbentuk dicampur dengan minyak pancingan berupa minyak kelapa murni yang sudah jadi. Perbandingan minyak pancing dan krimnya adalah 1 : 3. Aduk-aduk hingga butiran minyak menjadi kecil-kecil dan merata. Selanjutnya diamkan selama lebih kurang 8 jam hingga terbentuk 3 lapisan, yaitu minyak perawan, blondo, dan paling bawah air.

Pisahkan minyak perawan dengan sendok sayur ke wadah lain untuk difilterisasi atau proses penyaringan. Jika setelah disaring aromanya masih tetap berbau kurang sedap, berarti proses penyaringan tersebut belum bersih benar.


3.3 Pemanfaatan minyak kelapa murni
Minyak kelap murni sangat kaya dengan kandungan asam laurat(laurat acid) berkisar 50-70 %. Didalam tubuh manusia asam laurat akan diubah menjadi monolaurin yang bersifat anti firus,anti bakteri, dan anti protozoa yang bermanfaat untuk penyakit yang disebabkan virus HSV-2 dan HIV-1 dan bakteri neisseria gonnorhoeae.  Minyak kelapa murni ini juga dapat dijadikan salah satu obat alternatif selain itu juga dapat meningkatkan nilai ekonomi.
3.3.1 Pemanfaatan untuk pengobatan penyakit
*Membantu mencegah infeksi firus
*Mendukung sistem kekebalan tubuh
*Melindungi dari penyakit osteoporosis
*Membantu mencegah penyakit liver
*Menjaga kesehatan jantung
*Membantu mencegah penyakit kanker
*Membantu mengontrol diabetes dan menyediakan energi
 untuk penderita diabetes
*Memperbaiki pencernaan dan penyerapan gizi
*Bereaksi secara langsung terhadap teroid dan memperbaiki  teroid.
*tidak mengandung kolesterol justru dapat menurunkan kadar kolesterol
*memetikan berbagai virus yang menyebabkan mononucleosis,influenza,hepatitis c, cacar air,herpes, dll.
3.3.2  Pemanfaatan untuk kosmetik

#  Mudah diserap oleh kulit dan mengandung vitamin E.
# Membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus.
# Mengurangi resiko terserang kanker kulit
# Membantu memuluskan dan melembutkan kulit
# Membantu penuaan dini dan pengerutan kulit.




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 KESIMPULAN
Dari hasil penguraian bab demi bab dalam bentuk karya tulis dari hasil observasi dan sumber-sumber lain. Yang penulis lakukan untuk mencari informasi tentang minyak kelapa murni, maka penulis memberikan kesimpulan sebagai berikut.
A. Minyak kelapa murni sangat dibutuhkan oleh kehidupan manusia.
B. Minyak kelapa murni mempunyai manfaat untuk pengobatan dan kosmetik.
C. Minyak kelapa murni mengandung nilai ekonomis.

4.2 SARAN
Setelah penulis melakukan observasi dan mendapatkan banyak informasi secara akurat, penulis mempunyai saran sebagai berikut.
Perlu diadakanya penyuluhan atau promosi kepada masyarakat tentang minyak kelapa murni agar masyarakat mengetahui cara pembuatan dan kegunaan serta kelebihan dari minyak kelapa murni.Karena fakta membuktikan bahwasanya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui minyak kelapa murni.



DAFTAR PUSTAKA
1. KUNJUNGAN LANGSUNG KE PABRIK MINYAK KELAPA MURNI DI SARI AGUNG.
2. WAWANCARA LANGSUNG DENGAN PEMILIK PABRIK
3. http://orenzpunya.wordpress.com/2007/07/05/membuat-vco-dengan-cara-tradisional/


;