CARA BUDIDAYA BUAH NAGA YANG BAIK DAN MENGUNTUNGKAN

Dupeng-kai ini akan menjelaskan bagaimana CARA BUDIDAYA BUAH NAGA YANG BAIK DAN MENGUNTUNGKAN, Buah naga adalah salah satu jenis buah yang sangat populer saat ini, karna akhir akhir ini buah naga adalah salah satu buah aneh dan mengagumkan dimata masyarakat. Karena masih asingnya buah naga maka tidak heran tidak sedikit yang belum mengetahui apa itu buah naga, dan bahkan tidak sedikit orang yang belum pernah memegang dan bahkan merasakan rasanya buah naga.

Buah naga adalah salah satu jenis buah naga yang sangat besar prospek bisnisnya selain menguntungkan buah naga juga banyak dicari masyarakat umum maupun masyarakat tionghioa untuk acara adat maupun acara keagamaan.Akhir-akhir ini permintaan buah naga sangat besar dan bahkan petani yang sekarang ada belum mampu memenuhi permintaan tersebut. Maka dari itu Dupeng akan menjelaskan sedikit bagaimana CARA BUDIDAYA BUAH NAGA YANG BAIK DAN MENGUNTUNGKAN, karena kesempatan ini sangat baik dan sangat menguntungkan terutama bagi petani awalan buah naga.

Baik kita langsung saja pada titik permasalahan, selain buahnya yang enak dan menyehatkan ternyata batang buah naga pun tidak kalah menyehatkan karena ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor. Sementara, sari buah naganya mempunyai khasiat obat antara lain sebagai penurun kadar gula darah pada penderita diabetes dan menghaluskan kulit.dan bahkan jika kita mengonsumsi 1 buah naga merah (250 gram) setiap pagi dan sore selama delapan hari berturut-turut akan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, dan tentunya dengan resep dokter.


CARA BUDIDAYA BUAH NAGA ada beberapa teknik antara lain budidaya didalam pot maupun di lahan untuk didalam pot biasa dimanfaatka sebagaio hiasan halaman rumah, sedangkan untuk budidaya di lahan karana memang untuk penghasilan tani sebenarnya

CARA BUDIDAYA BUAH NAGA yaang pertama ialah pembibitan, dalam pembibitan biasanya menggunakan teknik menyambung dan teknik menyambung ada 2 (dua) yaitu yaitu sebgai berikut :

  1. Yang pertama Kedua batang bisa disambung dengan sistim potong huruf L untuk kedua batangnya (baik batang atas maupun batang bawah).
  2. Yang kedua dapat dipotong membentuk huruf V untuk batang atas sedangkan untuk batang bawahnya cukup dibelah.
 
TEKNIK MENYAMBUNG DENGAN L


TEKNIK MENYAMBUNG DENGAN V

Setelah kedua batang dipastikan menempel, tanaman ditanam bibit kedalam polybag berdiameter 15 cm. Selama proses penempelan, tanaman ditaruh di tempat yang teduh atau diatasnya dipasang naungan selama kurang lebih 2 minggu sampai 1 bulan.Sebagai catatan, batang bawah yang digunakan untuk penyambungan harus dipastikan yang sudah berakar banyak sehingga tanaman bisa langsung hidup dan berpotensi jadi atau berhasil dengan sempurna. Setelah tanaman berhasil dan sempurna, semua duri yang ada di batang bawah dihilangkan semuanya, supaya pertumbuhan tunasnya bisa fokus ke pertumbuhan tunas atas.

CARA BUDIDAYA BUAH NAGA Setelah pembibitan dilakukan maka langkah selanjutnya adalah penyiapan lahan, dalam penyapan lahan ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
1. Pengolahan Lahan
Lahan yang diolah akan mendukung pertumbuhan tanaman buah naga agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta berproduksi maksimal. Pengolahan lahan memiliki manfaat antara lain: 
  1. Membuat lahan menjadi gembur.
  2. Membunuh hama dan penyakit.
  3. Membuang gas-gas dalam tanah yang berbahaya bagi tanaman.
Hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
  1. Lahan dibersihkan, dicangkul dan dibalik atau digulut, kemudian dihaluskan.
  2. Buat bedengan dengan arah barat-timur, lebar bedengan dapat 1 meter (baris tunggal) atau 4 meter (baris ganda). Tinggi bedengan sekitar30-50 cm, sedangkan panjang bedengan menyesuaikan lahan.
  3. Jarak antar bedengan antara 50 – 100 cm, dibuat parit untuk memudahkan dalam pengairan
  4. Lahan yang sudah siap dibiarkan terkena sinar matahari selama beberapa hari sebelum ditanami.
 2. Penentuan Jarak Tanam
  1. Jarak tanam untuk sistem tunggal yang paling rapat sebaiknya tidak kurang dari 2×2 meter, sedangkan jarak tanam paling longgar sebaiknya tidak lebih dari 4×4 meter. Sedangkan untuk jarak tanam sistim kelompok dianjurkan dalam barisan berjarak 30-50 cm dan antar barisan 2-4 meter.
  2. Setiap tiang panjatan diisi 2-4 tanaman, tidak dianjurkan membelitkan lebih dari 4 tanaman pada satu tiang.

3. Pembuatan Lubang Tanam dan Tiang Panjatan
  1. Tiang panjatan sangat penting dalam usaha tani buah naga. Tiang panjatan yang baik harus awet karena umur produksi tanaman buah naga cukup lama sekitar 15 tahun bahkan bisa sampai 50 tahun. Tiang panjatan yang paling baik terbuat dari beton cor yang dilegkapi dengan besi dan ban bekas.
  2. Untuk lubang tanam, dibuat dengan ukuran 60-80 cm x 60-80 cm, dengan kedalaman lubang 25-30 cm.
 
LAHAN BUAH NAGA SIAP TANAM

 CARA BUDIDAYA BUAH NAGA Setelah penyiapan lahan langkah selanjutnya adalah penanaman dan perawatan, adapun hal yang diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Setelah penyiapan lahan yang selanjutnya adalah penanaman bibit ke lahan yang sudah disiakan, dalam satu tiang dianjurkan untuk memberinya 2 batang bibit naga atau 3 bibit naga dengan tujuan untuk memaksimalkan lilitan bibit kebatang, dianjurkan sebelum penanaman harus diberi pupuk kandang setelah ditanam lalu ditutup dengan pupuk kandang, namun hal ini tidak harus dilakukan jika kandungan tanah lahan sudah bagus.

2. Setelah penanaman dilakukan langkah senjutnya adalah perawatan adapun hal yang harus diperhatikan :

 1. Pengairan / Penyiraman
Meskipun tanaman buah naga termasuk dalam keluarga kaktus yang tahan kekurangan air, namun jika tanpa air tanaman ini akan sulit berbuah. Kandungan utama buah naga itu sendiri adalah air. Untuk itu pengairan/penyiraman dalam budidaya tanaman buah naga perlu dilakukan, khususnya di musim kemarau. Penyiraman dimusim kemarau sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Jika cuaca sangat kering, penyiraman dapat dilakukan dua kali yaitu pagi dan sore hari. Sedangkan untuk musim hujan, penyiraman dihentikan.

1. Pemupukan
Sebaiknya selama tersedia pupuk organik (kotoran ayam, sapi, kambing) lebih baik menggunakan organik saja, keuntungannya rasa buah lebih manis, lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Untuk masa pertumbuhan menggunakan pupuk dari kotoran ayam/sapi (kandungan unsur N nya sangat tinggi), setelah tanaman bercabang atau saat menjelang pembuahan bisa diperbanyak pemberian pupuk dari kotoran kambing (karena unsur P dan K banyak terkandung pada kotoran kambing). Jika tidak ada pupuk organik maka bisa menggunakan pupuk NPK Mutiara dengan dosis 1 sendok tiap tanaman dan diberikan setiap 1 bulan sekali.

2.Pemangkasan
Proses lain yang penting dalam budidaya buah naga adalah pemangkasan. Tanpa pemangkasan, tanaman buah naga tidak akan berproduksi dengan baik.
Ada 4 jenis pemangkasan yang harus dilakukan, yaitu
  1. pemangkasan tunas pokok.
  2. pemangkasan batang pokok.
  3. pemangkasan untuk pembentukan tanaman.
  4. pemangkasan cabang produktif.

3. Penyiangan dan Pembumbunan
Kebun tanaman buah naga harus terjaga kebersihannya. Semak belukar tidak boleh tumbuh karena akan mengganggu kesehatan tanaman. Selain itu, gulma ini juga akan mengakibatkan hara untuk tanaman berkurang. Penyiangan perlu dilakukan secara rutin, setidaknya sebulan sekali. Penggunaan herbisida juga dapat dilakukan untuk menekan pertumbuhan gulma. Pemeliharaan lain yang harus dilakukan adalah pembumbunan, yaitu penambahan tanah pada akar. Pembumbunan dilakukan 2-3 bulan sekali, terutama pada musim hujan. Tanah yang terkikis menyebabkan akar terlihat. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan akar dan mengurangi kekokohan tanaman.


CARA BUDIDAYA BUAH NAGA Setelah melakukan beberapa tahap diatas teknik selanjutnya adalah pemanenan. Pemanenan pada umumnya dilakukan pagi hari antara pukul 07.00-09.00 karena buah dalam kondisi segar dan berat buah dalam keadaan optimal karena penguapan buah sangat sedikit.

Adapun Alat-alat yang dibutuhkan untuk memanen buah naga yaitu :
  1. Gunting potong
  2. Keranjang buah
Adapun kriteria buah naga yang telah masak atau siap panen adalah :
  1. Buah telah berwarna merah tua (untuk buah naga merah)
  2. Mahkota bunga telah mengering pada bagian ujungnya
  3. Struktur buah telah lembut atau tidak keras
Teknik memanen buah naga:
  1. Pilih buah yang memenuhi kreteria panen
  2. Pegang bagian ujung buah naga
  3. Miringkan sedikit untuk mempermudahkan pemotongan buahPotong pangkal buah atau tangkai buah dengan gunting buah  
Bagaimana anda tertarik untuk berBUDIDAYA BUAH NAGA, meskipun agak rumit, namun insya allah jika kita telaten dan sungguh sungguh dalam berbudidya buah naga ini akan membawa keberhasilan dan kesuksesan.
Terimakasih telah berkunjung di Dunia Pengetahuan, semoga apa yang saya harapkan dari blog ini dapat tercapat dan sukses. Silahkan anda baca juga artikel yang lain yang berkaitan tentang budidaya dan pertanian dengan memilih menu PERTANIAN atau anda juga dapat dengan klik DISINI

;