CONTOH PROPOSAL USAHA KOLAM PEMANCINGAN

Dupeng-kali ini akan memberikan CONTOH PROPOSAL USAHA KOLAM PEMANCINGAN, proposal ini dibuat berdasarkan pemikiran pelajar yang ingin membuat sebuah usaha, usaha tersebut adalah kolam pemancingan, yang saat ini sangat populer dikalangan masyarakat, saya lihat proposal ini sangat bagus dan berbobot, saya harap proposal ini dapat membantu anda untuk membuat sebuah tugas atau sebuah referensi. Silahkan anda copy paste sebagai bahan ajar atau referensi.

Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja (KBBI, 2002), perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal. berikut CONTOH PROPOSAL USAHA KOLAM PEMANCINGAN


PROPOSAL USAHA
KOLAM PEMANCINGAN
(fhishing)

DISUSUN
O
L
E
H
Soni Setiawan







SMK PGRI 1 PUNGGUR
Tp.2013/2014 



Daftar isi

I. Latar Belakang
II. Tujuan.

III. Segmentasi Produk
- Menganalisis potensi pasar
- Menentukan objek pasar
- Menetapkan target sasaran pasar

IV. Keunggulan Produk

V. Analisis SWOT
- Strenght (kekuatan)
- Weakness (kelemahan)
- Opportinity (peluang)
- Treath (ancaman)

VI. Analisis UP
- Product (produk)
- Price (harga)
- Promotion (promosi)
- Place (tempat)

VII. Aspek Keuangan

VIII. penutup
I. Latar belakang 

suatu lokasi ditotokaton dimana lokasi tersebut dekat dengan suatu ledengdan juga terletak di pinggir jalan raya. Terdapat tanah kosong dan cukup luas milik juragan yang belum ada rencana pembangunan dari informasi yang saya dapakan bahwa tanah tersebut dapat disewakan untuk beberapa tahun kedepan. Kebetulan saya punya ide untuk membangun usaha tempat pemancingan ikan. Hal ini berkaitan dengan hobi saya memancing ikan, dan juga beberapa kilo meter  didesa totokaton juga ada tempat pemancingan yang cukup ramai dimana pengunjungnya adalah warga totokaton dan sekitarnya dan bahkan ada juga pengunjung yang datang dari luar desa totokaton. Dimana tanah tersebut diizinkan atau diperbolehkan untuk pembangunan usaha tempat pemancingan ikan.
Dari survei ke beberapa tempat pemancingan lainya bahwa pemintaan tempat rekreasi dan hiburan pemancingan didesa totokaton dan sekitarnya lumayan tinggi hal ini memperkuat saya untuk membangun usaha pemancingan ikan.
II. Tujuan.

Tujuan saya memilih usaha ini adalah :
- Mengingat pentingnya usaha pemancingan dan melihat besarnya permintaan masyarakat akan rekreasi dan hiburan, maka saya membuka tempat pemancingan ini sebagai rekreasi serta pelepasanpenat para karyawan kantor yang baru saja pulang kantor serta untuk menenangkan diri setelah seharian bekerja, dan juga bisa dijadikan hobi bagi anda par pemancing.
- Menginginkan laba sebesar-besarnya untuk memajukan usaha dan menambah fasilitas dikolam pemancingan saya.
- Menarik minat konsumen untuk berkunjung.
- Mencapai target pasar agar supaya pemancingan ini terkenal dan bisa membuka cabang didesa totokaton bahkan sampai lauar desa.

III. Segmentasi Pasar

- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini kita harus mengetahui potensi pasar bagaimana produk yang kita jual bagaimana kelemahan kekuranagn atau kelebihan/keunggulan produk yng kita jual agar konsumen tidak kecewa tas porduk/jasa pelayanan yang kita berikan kepada para konsumen/pengunjung.
- Menentukan objek pasar.
Dalam menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dan dapat dicapai atau dijangkau oleh konsumen.
- Menentukan target dan sasaran pasar.
Dalam menjalankan usaha ini kita harus menetapkan trget pasr usah dengan melihat perbedaan agar produk yng kit tawarkan bisa dijangkau konsumen.

IV. Keunggulan Produk.

Keunggulan produk ini yaitu:
- Belum banyak orang yang membuka usaha pemancingan ikan, khususnya didaerah totokaton dan sekitarnya sehingga menjadikan usaha ini menjadi peluang usaha baru yang menguntungkan bgi pengusaha dibidng perikanan.
- Usaha ini memiliki berbagai macam manfaat disamping bisa menjalankan hobi juga bisa melepaskan penat dn juga bisa melatih kesabaran dan juga menjadikan tempat berlibur bersama keluarga kerabat teman atau pacar.

V. Analisis SWOT

setiap kegiatan untuk memuli usaha, maka hal yang harus dilakukan dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing adalah analisis SWOT :
1. Strenght (kekuatan)
- Menjul produk untuk semua kalangan masyarakat.
- 1 kolam terdiri dari 1 jenis ikn dan kolam ada 5, 3 untuk pemancingan 2 untuk penampungan.
2. Weakness (kelemahan)
- Kelemahan dari produk usaha ini adalah ikan bnyak yang stres/mati jika sering diberi makan.
3. Opportunity (peluang)
- Tempatnya yang strategis yaitu dipinggir kali dan dekat dengan jalan raya yang memungkinkan untuk dijangkau konsumen.
4. Trought (ancaman)
- Adanya pesaing yang membuka usaha yang sama.

VI. Analisis UP

1. Product (produk)
2produk yang kami pasarkan adalah dibidang rekreasi dan hiburn yitu pemancingan ikan
2. Price (harga)
Harga tiket masuk yaitu 40.000 untuk ikan gurame 35.000 untuk ikan mujair dan 45.000 untuk ikan emas harga tiket termasuk pakan dan kursi.
3. Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi ini kami menebarkan brosur dan iklan dimedia cetak.
4. Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu dipinggir ledeng dan dekat dengan jalan raya karen tempatnya yang strategis memungkinkan konsumen menjangkau tempat ini dengan mudah.

VII. Aspek Modal

1. Pembangunan kolam 5 unit = 7.500.000 
Pembangunan pondok 50 unit x 250.000 = 12.500.000
Meja dan kursi = 250.000
Pompa air = 2.500.000
Asbes = 8.400.000
Ikan mas 25.000 x 50 =1.250.000
Ikan gurame 25.000 x 50 =1.250.000
Ikan mujair 20.000 x 50 = 1.000.000
Pakan 2.250.000 x 2 =4.500.000
Sewa lahan permusim =2.000.000
Bambu 250 batang =250.000
Paku =250.000
jumlah = 23.400.000


2. Perhitungan keuntungan

harga jual = 45.000 x 100 pengunjung = 4.500.000
biaya penjualan 
pembuatan brosur = 30.000
biaya listrik = 10.000
biaya transportasi = 60.000
= 100.000
Perhitungan margin keuntungan 100.000 x 100% =2,22%
  4.500.000
Jadi laba bersih 23.400.000 – 4.400.000 = 19.000.000

VIII. Penutup 

Dalam rangka ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa masyarakat SMK PGRI 1 PUNGGUR yang ikut mambantu siswa siswi melalui kegiatan membuat proposal usaha .
Hal ini dilandaskan karena masih banyak siswa siswi yang kurang mengetahui tantang pemahaman menyusun proposal usaha. Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang siswa siswi terhadap tanggung jawabnya sebagai murid.
Oleh karena itu telah menyelesaikan proposal ini untuk memenuhi latihan praktik membuat proposal usaha. Proposal usaha ini kami buat sebaik-baiknya dan semoga bermanfaat bagi diri penulis sendiri pada khususnya  dan para pembaca pada umumnya, ada kata-kata yang kurang berkenan bagi para pembaca kami mohon maaf sebesar-besar, dan saya berharap usaha ini bisa lebih maju karena usaha ini sangat baik bagi para wirausahawan.

Sekian terima kasih telah berkunjung di Dupeng semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan semua. Silahkan klick disini jika ingin membaca artikel selanjutnya.

;