Cara Membuat Pelet Ikan Berkwalitas

Dupeng-kali ini akan memberikan sedikit pengetahuan tentang Cara Membuat Pelet Ikan Berkwalitas, pada kesempatan ini saya akan menjelasan bagaimana cara membuat pelet berkwalitas, saat ini banyak petani yang berinisiatif untuk membuat usaha budidaya terutama berbudidaya ikan tawar, karena berbudidaya ikan tawar cukup menguntungkan dan sangat mudah perawatannya, selain itu semakin terpuruknya pertanian dikarnakan perubahan cuaca yang mempengaruhi kwalitas dan harga produk pertanian, kini petani banyak yang beralih ke pembudidayaan, baik tawar maupun air asin, selain itu dikarnakan banyaknya pembudidaya ikan membuat permintaan bahan baku maupun pakan ikan semkin besar, dan mempengaruhi harga tersebut, terutama Pellet ikan.




Pellet ikan adalah bahan baku utama dalam budidaya ikan, karena budidaya ikan membutuhkan makanan yang sehat, agar produk ikan yang dihasilkanpun berkwalitas dan menguntungkan, namun harga pellet ikan yang berkwalitas saat ini cukup langka dan jikalaupun ada harganya luar biasa, dikarnakan itu beberapa usahawan rumahan mulai berfikir untuk memproduksinya dan dapat menghasilkan pellet yang berkwalitas, pellet tersebut bisanya dipakai sendiri dan bahkan di pasarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Adapun Keunggulan Pellet buatan sendiri :

- Harga menjadi lebih murah bila dibandingkan dengan harga yang kita beli di toko.
- Selalu dalam keadaan baru.
- Ikut membantu dalam mengurangi pencemaran akibat limbah pabrik.
 pada kesempatan ini Dupeng akan memberikan dasar dalam membuat pellet berkwalitas, namun ini hanya dasar, yang selanjutnya anda bereksperimen sendiri. Berikut tahap pembuatan pellet.

Pertama yang perlu disiapkan adalah peralatan dan bahan

 PERALATAN
Peralatan untuk membuat pakan Pellet secara sederhana, praktis dan mudah diantaranya adalah dengan menggunakan gilingan daging yang dimodifikasi, nampan plastik, ayakan, gayung plastik, mesin cetak pelet (jika ada jika tidak ada secara manual cetakknya) ember plastik, kipas angin, timbangan dan oven jika diperlukan.

 BAHAN
Bahan untuk membuata palakn Pellet terdiri dari dua kelompok yaitu baku pokok dan bahan tambahan (Suplemental feeds). pemilihan bahan baku sebaiknya dipilih :
  • Murah dan mudah diperoleh.
  • Bergizi tinggi.
  • Mudah mengolahnya.
  • Tidak mengandung racun.

Bahan baku yang dipakai :
  • Tepung Ikan, Ciri-ciri tepung ikan yang baik kwalitasnya diantaranya adalah secara visual bersih tidak terkontaminasi oleh kutu atau serangga lain berbau khas seperti ikan kering, berwarna kuning kecoklatan, kering tidak lembab, tidak bau apek, tengik atau asam. kandungan tepung ikan yang baik mempunyai kadar proten antara 55,70%.
  • Bungkil Kelapa, Yaitu ampas kelapa yang sudah dikeringkan dan sudah berbentuk tepung.
  • Dedak Halus, dedak yang diperoleh dari limbah pabrik penggilingan padi selep padi.
  • Tepung Kedelai
  • Tepung Jagung
  • Tepung Tapioka
CARA PEMBUATAN PELLET


  1. Mempersiapkan bahan baku yang telah disebutkan tadi.
  2. Mencampur bahan-bahan seperti tepung ikan, tepung kedelai, bungkil kelapa, dedak halus,tepung jagung satu wadah hingga merata, pada wadah yang terpisah dicampur pula dengan vitamin mix dan mineral mix. Kemudian kedua wadah tersebut dicampurkan hingga merata.
  3. Buat perekat dari tepung sagu dengan volume air 500 ml untuk 1 Kg pakan setelah merata dan kental kemudian dicampurkan dengan campuran bahan baku seperti pada nomor 2 diatas kemudian diaduk sampai merata.
  4. Bentuk adonan pakan diatas menjadi gumpalan-gumpalan untuk memudahkan dalam proses pencetakan pellet.
  5. Pencetakan pelet dengan mesin/alat pellet disesuaikan dengan piringannya dengan diameter pellet yang dikehendaki.
  6. Keringkan pellet, pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan oven 600C selama 24 jam atau diangin-anginkan/dijemur hingga kering.
  7. Mengemas pakan dan menyimpannya ditempat dingin dan kering.
NB: Bahan dapat dicampur dengan bahan lain seperti vitamin dan lain-lain, agar lebih puas dapat berkreasi sesuai keinginan, contohnya bahan diberi rumput atau bahan hijauan dan lain sebagainya.

Terimakasih telah berkunjung di Dunia Pengetahuan, semoga artikel ini bermanfaat, silahkan anda berkomentar dibawah ini.
Untuk membaca artikel lain silahkan Klik diSINI.

;