Lirik Lagu Andika Bhayangkari, dan Sejarahnya

Dunia Pengetahuan - Andika Bhayangkari adalah sebuah lagu yang di ciptakan oleh seorang batak yang bernama Amir Pasaribu, beliau adalah pencipta lagu wajib nasional ini. Amir Pasaribu meninggal dunia pada umurnya ke 94 tahun di Medan Sumatra Utama pada tanggal 10 Februari 2010

Sosok Amir Pasaribu adalah orang berjasa dalam bidang musik nasional. Sehingga beliau menganugerahi Bintang Para Dharma pada tanggal 15 Agustus 2002, sebagai penghormatan presiden Megawati Soekarno Putri. 


Mars Andika Bhayangkari biasa di perdengarkan pada saat menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Nama arti dari Andika Bhayangkari sendiri terdapat pada bahasa jawa yang artinya Andika adalah seorang adik, serta Bhayangkari adalah kesatria penjaga atau pengawal setia. 

Pada zaman dulu atau tepatnya pada saat zaman Gajah Mada pernah diceritakan bahwa Mahapatih Gajah Mada dan 15 Andika Bhayangkari pernah berjuang dan menyelamatkan Raja Jayanegara. Akhirnya, dari ruang kaputren terbitlah  fatwa Ratu Siwa tentang Tri Pakarti, yaitu ra-strawsewakottama (abdi dalem kekuasaan), nagar-ayanottama (warga teladan), dan nucasanadharma (penjaga ketertiban rakyat). Tri Prakarti ini akhirnya dikenal dengan Tri Brata (yang sering didengar di kepolisian). Maha Patih Gajah Mada pun heneng hening eling (?) merangkul Bhatara Sapta Prabu, mengelusi selendang Ratu Angabaya dan memegangi lengan Jalanidi. Dan akhirnya mengalirlah sebuah kearifan dalam bentuk kata  “Wong ngawula ing ratu luwih pakewuh.Nora kena minggang-minggring." Pengabdian itu jangan setengah-setengah. Sebab Andhika Bhayangkari adalah sejatining ruler-appointed-police. Pengayom sekaligus penentram keamanan penguasa.

amir pasaribu
Sosok Amir Pasaribu


Berikut adalah Lirik Lagu Andika Bhayangkari 

Karya Amir Pasaribu

Andhika Bhayangkari
Pencipta sapta marga
Pancasila mulai jadi negara mulia
Bhineka tunggal ika
Lambang bangsa satria
Menuju nusantara
Bahagia jaya
Bahagia jaya...


Itulah penjelasan tentang lirik dan sejarah lagu Andika Bhayangkari karya Amir Pasaribu, Jadilah seseorang yang ingat dengan sejarah agar kita bisa jalanin hidup dan membangun bangsa jauh lebih baik. 
Baca Juga Lirik Lagu Api Kemerdekaan Karya Joko Lenono

;