Contoh Makalah Internet

Dupeng_Pada kesempatan ini Dupeng akan menjelaskan tentang sebuah karya tulis yang berbentuk makalah, yaitu berjudul Contoh Makalah Internet, ini adalah sebuah karya tulis kakak saya yang memang dengan sengaja saja posting, karna melihat isinya sepertinya lumayan dibutuhkan, dan Contoh Makalah Internet ini sedikit ada yang saya rubah untuk menghindari hal-hal yang tidakdiinginkan.


Contoh Makalah Internet ini menurut saya masih ada banyak kekurangan, masih banyak yang harus di perbaiki, silahkan kopi paste lalu print out untuk belajar anda. baik kita langsung saja pada titik penyelesaian.


M A K A L A H

“INTERNET”



 



Disusun Oleh :
1.      Didik Setiawan             (12019007)
2.      Ahmad Wahyudi          (12010001)


Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan


SMK AL-IMAN 2 TULANG BAWANG
Semester Ganjil 2013/2014



KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmad dan hidayahNya sehingga makalah ini dapat saya selesaikan sesuai dengan harapan. Dalam makalah yang berjudul “Internet”, yang akan membahas mengenai, pengertian internet, sejarah perkembangan internet, teknologi yang digunakan untuk mengakses internet, teknologi pendukung internet, peranan internet dalam kehidupan manusia, serta kelebihan dan kekurangan internet
Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang memadai tentang internet yang marak digunakan dalam perkembangan teknologi dan komunikasi sekarang ini.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun bagi pembaca. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan di makalah selanjutnya. Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat.

Metro, 31 Oktober 2013
Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………….
KATA PENGANTAR …………………………………………………...
DAFTAR ISI …………………………………………………………….

BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ………..………………………………….
B.     Identifikasi Masalah ...........................................................
C.     Rumusan Masalah ..............................................................
D.    Tujuan Penulisan ...............................................................

BAB II    PEMBAHASAN
                 A. Pengertian Internet ...............................................................
                 B. Sejarah Pengembangan Internet ....………………………...
                 C. Perangkat Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet ......
                 D. Fasilitas Pendukung Internet ................................................
                 E. Peranan Internet Bagi Kehidupan Manusia ..........................
                 F. Kelebihan dan Kekurangan Internet .....................................


BAB III   PENUTUP
                 A. Kesimpulan ………………………………………………..
                 B. Saran .....................................................................................
i
ii
iii


1
1
2
2


3
3
4
5
7
8



13
13







BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam hal jaringan komputer. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.salah satu contoh jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.
Internet sangat menarik bagi setiap orang karena bentuk informasi dapat berkomunikasi dengan seluruh manusia didunia ini tidak terpisah oleh jarak dan lain sebagainya. Internet mempunyai kelebihan sebagai media informasi dan komunikasi di bandingkan dengan media lain adalah informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global.

B. Identifikasi Masalah
  1. Pengertian internet
  2. Sejarah perkembangan internet
  3. Teknologi yang digunakan untuk mengakses internet
  4. Teknologi pendukung internet
  5. Peranan internet dalam kehidupan manusia
  6. Kelebihan dan Kekurangan Internet



C. Rumusan Masalah
  1. Apakah internet itu?
  2. Bagaimana sejarah pengembangan internet ?
  3. Perangkat apa saja yang di butuhkan untuk mengakses internet!
  4. Apa saja fasilitas pendukung internet?
  5. Bagaimana peranan internet dalam kehidupan manusia?
  6. Apa saja kelebihan dan kekurangan internet?

D. Tujuan Penulisan
  1. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat tentang internet.
  2. Menjelaskan bagaimana sejarah internet.
  3. Menjelaskan berbagai macam perangkat yang di gunakan dan fungsinya, untuk mengakses internet.
  4. Menjelaskan apa saja fasilitas pendukung internet.
  5. Memberi penjelasan tentang penerapan internet dalam kehidupan masyarakat.
  6. Memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan internet.





BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Internet
Secara harfiah, internet (kependekan dari inter – network) ialah rangkaian komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya di seluruh dunia.internet merupakan system komputer umum , yang berhubungan secar global dengan mengguankan TCP/IP sebagai protocol pertukaraan paket (packet switching communication protocol) cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini di namakan internetworking.

B. Sejarah Pengembangan Internet
Rangkaian pusat yang membentuk internet diawaali pada tahun 1969 yang di kenal sebagai ARFANET, yang di bangun oleh ARFA (United States Department Of Defense Advanced Research Projects Agency)
Beberapa penyelidikan awal yang di sumbangkan oleh ARFANET adalah kaidah rangkaian tanpa pusat (decentralized network) queuening, dan kaidah pertukaran paket (packet swiching). Pada 1 Januari 1983, ARFANET menukar protocol rangkaian pusat nya dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari internet yang kita kenal hari ini. Pada sekitar tahun 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan komputer, sehingga akses internet dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya bisnis, sosial, pendidikan dan sebagainya.



C. Perangkat Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet
  1. Modem
Modulator demodulator (modem) berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. personal komputer (PC) biasa menggunakan modem dial up yang dihubungkan dengan saluran telepon. Modem dial up dibagi dua,yaitu modem internal yang di pasang didalam komputer pada slot ekspansi yang tersedia,dan modem eksternal yang dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial. Kecepatan modem dihitung dalam kbps (kilo byte per sekon).
Adapun jenis-jenis modem yaitu :
1.      Modem Internal
2.      Modem Eksternal
3.      Modem Kabel
4.      Modem ADSL

  1. Saluran Telepon atau TV Kabel
Dengan saluran telepon dan modem dial up anda dapat mengakses internet ,misalnya melalui telkomnet instant tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.untuk jaringan internet lainnya ,penggunaan modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP ,misalnya CBN dan indosatnet .selain penggunaan saluran telepon untuk akses internet,anda dapat pula mengakses melalui TV kabel ,modem yang digunakan adalah modem kabel.



D. Fasilitas Pendukung Internet
Beberapa contoh teknologi pendukung internet adalah sebagai berikut :
  1. Internet Service Provider (ISP)
ISP yang ada saat ini dapat berupa ISP yang bersifat tertutup dan ISP yang bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup adalah lembaga atau badan yang hanya melayani atau dapat memberikan fasilitas jaringan internet kepada jaringan lokal dari lembaga atau badan tersebut. Contohnya terdapat pada beberapa departemen pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan, ataupun lembaga pendidikan seperti Universitas Gunadarma ini. Pemakai dan komputer yang terhubung ke ISP ini biasanya terbatas.
Selain dari pada itu, saat ini telah banyak terdapat ISP yang bersifat umum atau dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan internet. ISP jenis ini bersifat komersial, yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Saat ini telah cukup banyak ISP seperti ini, contohnya adalah: CBNNet, IndosatNet, RadNet, D-Net, TelkomNet, WasantaraNet, LinkNet, dan sebagainya.

  1.  Web Browser
Web Browser merupakan salah satu jenis program client yang dapat mengakses beberapa layanan internet. Untuk mengakses layanan tertentu pada jaringan internet, web browser menggunakan konsep URL (Uniform Resources Locator) untuk menuliskan alamat yang akan diakses. Web browser saat ini yang banyak digunakan seperti Internet Explorer, Netscape, MoZilla Firefox, Opera, dan sebagainya.


  1. World Wide Web (WWW)
WWW atau yang biasa disebut dengan Web saja, bekerja menggunakan teknologi yang disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protokol aplikasi yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Dengan menggunakan WWW, pengaksesan beragam sumber informasi di internet misalnya gopher, WAIS, ftp, mail dan sebagainya, dapat dilakukan melalui suatu cara yang general, pengaksesan informasi dan menyajikannya dalam berbagai bentuk informasi seperti text, grafik, suara, animasi, video dan sebagainya.

  1. Universal Resource Locator (URL)
Pada penggunaan WWW, penunjukan suatu sumber informasi menggunakan metoda Universal Resource Locator (URL), yang merupakan konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputernya dan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database, atau hasil dari perintah finger atau perintah archie atau yang lainnya. Dengan URL ini didefinisikan lokasi dn metoda pengaksesan file tersebut.

  1. FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server antar host di internet atau semua host yang memakai protokol TCP (Transmition Control Protocol) sebagai transport-protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif antara client dan server. Kelebihan lainnya dalam hal sekuritas karena tidak semua client dapat mengakses FTP server sebab client harus punya otorisasi (username dan password) terlebih dulu untuk dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Client yang tidak punya otorisasi hanya dapat mengakses suatu FTP server jika FTP server tersebut menyediakan suatu account yang dapat digunakan oleh publik (semua client) yang disebut anonymous FTP. Pada anonymous FTP, alamat e-mail kita akan digunakan sebagai password.  Saat ini banyak program yang berfungsi sebagai FTP client, seperti WS_FTP, Cute FTP, Windows Commander, dan lainnya. Dengan FTP komputer-komputer dapat saling men-download file melalui jaringan internet. Pengiriman file dapat dilakukan dalam mode ASCII untuk file berbentuk text, atau mode binary untuk file yang berbentuk byte-stream, misalnya file gambar ( berekstention .jpg, .gif) dan sebagainya.

  1. E-Mail
E-mail merupakan komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di internet tapi juga outernet (jaringan lain di luar internet). Format penulisan alamat e-mail adalah username@hostname. Username adalah nama yang tertera di mesin komputer penyedia internet setempat (ISP) dimana nama orang tersebut terdaftar. Hostname adalah nama lengkap (berikut domainnya sesuai aturan DNS) mesin komputer ISP yang terhubung ke internet. Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk men-download-nya menggunakan protocol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Jenis layanan e-mail yang popular berbentuk Web based Email, yaitu layanan e-mail yang dapat diakses menggunakan Web Browser.

E. Peranan Internet Bagi Kehidupan Manusia
  1. Penggunaan Internet Untuk Memperoleh Informasi
Pelayanan World Wide Web(Www) : www memberikan layanan untuk browsing atau surfing bagi pengguna internet. Layanan ini dapat memberikan informasi dalam berbagai format atau multimedia.
  1. Penggunaan Internet Untuk Berkomunikasi
Selain sebagai sumber informasi ,internet dapat digunakan pula sebagai media komunikasi.
Fungsi E-Mail sebagai alat komunikasi : Salah satu fasilitas kominiksai dengan internet yang sangat popular dan digemari leh pengguna internet diseluruh dunia adalah E-mail (Electronic Mail), fasilitas internet sangat ekonomis karena cukup banyak website penyedia layanan e-mail gratis, diantaranya www,yahoo.com, plasa.com, hotmail.com, dan masih banyak yang lainnya, dengan demikian bukan suatu hal yang asing, khususnya bagi pelajar untuk mengenal layanan-layanan tersebut. Layaknya sebuah surat, saat dikirim harus mempunyai alamat yang jelas agar sampai ketujuan demikian juga dengan membuat e-mail, berarti kita sekaligus membuat alamat e-mail kita.

F. Kelebihan dan Kekurangan Internet
Berikut ini adalah beberapa kelebihan dalam Internet :
  1. Hiburan
Teknologi internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. dengan situs ini user bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.
Kelebihan : Bisa menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan berstrategi dalam berpikir.
  1. Media Sosial
Mungkin dibidang ini adalah salah satu teknologi internet yang paling banyak pengguna nya , banyak sekali situs penyedia jejaring sosial seperti: Facebook, Twiter, skype, dan masih banyak lagi. Disebut sosial karena dengan teknologi ini anda dapat Bersosialisasi bersama banyak orang yang andal kenal bahkan belum anda kenal dengan hanya berkenalan via dunia maya.
Kelebihan : Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya mungkin jauh dari tempat tinggal anda,juga dapat bertukar pengalaman informasi dsb,dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.
  1. Edukasi
Banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika Pengguna nya menggunakan nya untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.
Kelebihan : Menambah wawasan pengguna nya,memudahkan siapapun untuk belajar via dunia maya dengan instan. ringkas padat dan jelas.
  1. Informasi
Di internet bukan hanya 1 atau 2 penyedia layanan infomasi tetapi sangatlah banyak sekali, mulai dari kompas.com, yahoo.com, viva news dsb. mulai dari informasi gaya hidup,pendidikan,tempat wisata,kesehatan semuanya tersedia di internet
Kelebihan : Membuat pengguna nya cepat menerima informasi terbaru tanpa harus menunggu acara berita ditelevisi dsb, dan juga dapat menambah wawasan dari seluruh dunia,karena sangat banyak sekali situs Informasi dari seluruh Dunia.
  1. Akses 24 Jam
Akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’.. Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu.
  1. Kecepatan
Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.
  1. Kenyamanan
Peneliti lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.
  1. Kemudahan Akses
Menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya.
  1. Interaktivitas dan Fleksibilitas
Dalam dunia internet komunikasi dengan pengguna di belahan dunia, dapat anda lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang anda lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu anda dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain. Di samping keunggulan seperti tersebut di atas, internet juga mempunyai kelemahan. Kelemahan tersebut tergantung dari sudut pandang setiap pengguna dan bersifat relatif.
  1. Sarana Komunikasi Murah
Dibandingkan dengan komunikasi canggih abad ini, internet adalah sarana komunikasi paling murah dengan efektifitas cukup tinggi. Jika Anda harus merogoh ribuan dollar untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar negeri via handphone, dengan internet hanya butuh uang receh. Bisa komunikasi suara, teks bahkan video live.
Berikut adalah beberapa Kekurangan dari Internet.:
  1. Ketergantungan pada Jaringan Telepon dan Internet Service Provider.
Fasilitas jaringan telepon dan ISP sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet dan kemungkinan akses secara keseluruhan. Hingga saat ini, biaya penggunaan Internet di Indonesia masih relatif mahal, karena tarif telepon ditentukan berdasarkan pulsa yang digunakan, bukannya atas dasar jumlah panggilan (number of calls). Selain itu, saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannya menyebabkan waktu akses menjadi lebib lama dan biaya akses menjadi mahal. Sementara itu, terbatasnya bandwidth sistem transmisi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses pada waktu bersamaan memperparah akses terhadap Internet.
  1. Selektivitas dan Anonimitas
Salah satu persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden. Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi. Belum lagi -adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat e-mail berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikan jawaban.
  1. Virus
Salah satu masalah yang juga tak kalah peliknya adalah risiko terkena virus komputer yang mudah menyebar lewat jaringan Internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang di-download. virus ini biasanya merusak sistem komputer dan tidak jarang komputer tersebut rusak.
  1. Tidak Ada Filter Yang Tangguh
Banyak yang mencoba memfilter informasi di internet, namun kenyataannya hal itu tidak bisa dengan mudah menyingkirkan informasi yang membahayakan atau tidak pantas. Sejauh ini tidak ada filter yang tangguh untuk memfilter internet dari pornografi dan pembajakan.
  1. Informasi Palsu Di Mana-Mana (Hoax)
Ada milyaran informasi di jagad maya, namun Anda harus bijak memilah informasi tersebut dengan klarifikasi ke situs-situs lain karena bisa saja informasi yang Anda anggap benar tersebut adalah HOAX atau palsu belaka.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Internet ialah rangkaian komputer yang berhubungan satu dengan yang lainnya diseluruh dunia. Pengembangan internet diawali pada tahun 1969 yaitu ARFANET yang di bangun oleh ARFA, ARFANET menyumbangkan kaidah rangkaian tanpa pusat dan pada tahun 1983 ARFANET menukar protocol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP /IP, ini merupakan awal dari internet yang kita kenal sekarang.
Untuk mengakses internet digunakan berbagai perangkat yaitu:
  1. Modem yang berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital.
  2. Saluran telepon atau TV kabel
  3. Internet service provider(ISP) berperan untuk memberikan jasa layanan akses internet baik untuk personal maupun corporate.
Internet dapat digunakan untuk mengakses informasi melalui layanan world wide web (www) yaitu untuk layanan browsing & surfing dan adapun penggunaan internet untuk komunikasi yaitu dengan menggunakan fasilitas e-mail (electronic mail) yang berfungsi untuk mengirim pesan atau gambar melalui internet.

B. Saran
  1. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) khususnya internet di harapkan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu mengikuti perkembangan IPTEK dengan terus memacu kegiatan belajar baik di kampus maupun di luar sekolah.
  2. Bapak atau ibu dosen/pemimbing memacu semangat para mahasiswa untuk menulis dan memperbanyak kegiatan ilmiah berupa karya tulis untuk melatih kemampuan siswa berpikir kritis, analisis dan sistematis.
  3. Badan atau lembaga terkait di bidang pendidikan agar memperbanyak buku tentang teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran bagi mahasiswa.
  4. Badan atau lembaga terkait di bidang pendidikan agar memberikan fasilitasi kampus atau lembaga pendidikan untuk membangun sarana teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

sekian terima kasih semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung di blok ini. 




;