23 Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Dunia Pengetahuan - Daun sirih memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang terkandung dalam daun sirih. Sejak dulu daun sirih digunakan untuk bahan utama bersirih atau menginang. Namun dengan jalannya waktu daun sirih mulai di teliti dan dikembangkan, dan digunakan untuk berbagai bahan herbal yang bagus untuk kesehatan. Artikel Sebelumnya Adalah Buah Naga Khasiat dan Manfaat Buah Naga.

Daun sirih adalah tanaman herbal yang sangat baik untuk kesehatan, daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri, air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, yodium, gula dan pati. Minyak Atsiri yang terkandung dalam daun sirih terdapat fenol alam yang mempunyai daya antiseptik 5 kali lebih kuat dibandingkan fenol biasa. 

Ada sekitar 23 Khasiat dan manfaat yang terkandung dalam daun sirih, daun sirih berkhasiat untuk mengobati dan menstabilkan daya tahan tubuh, daun sirih digunakan untuk mengobati penyakit dalam maupun penyakit luar, berikut adalah 23 Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan :

23 Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

23 Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan


1. Daun sirih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati batuk
Daun sirih berkhasiat untuk mengobati batuk dengan cepat tanpa efek samping apapun, caranya siapkan 1 lembar daun sirih, 1 buah jeruk nipis, dan juga segelas air. Cuci bersih daun sirih, lalu blender bersama segelas air. Jika sudah halus, saring, buang ampasnya. Ambil airnya, tambahkan perasan air jeruk nipis. Minumlah airnya, niscaya batuk biasa akan sembuh.

2. Daun sirih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati Sariawan
Daun sirih memiliki kandungan beberapa jenis vitamin salah satunya adalah vitamin C, vitamin C sangat bagus untuk mengobati sariawan, dan sumber vitamin C salah satunya adalah Daun sirih, cara mengobati sariawan dengan daun sirih yaitu, ambil 1 lembar daun sirih, cuci hingga bersih, kunyah atau tumbuk daun sirih hingga halus, lalu tempelkan daun sirih tadi di mulut yang mengalami sariawan, yang terasa adalah perih, namun tunggu hingga sariawan tidak terasa perih lalu buang daun sirih tadi, lakukan secara teratur 2 hingga 3 kali sehari, dalam seminggu sariawan akan hilang seketika. 

3. Daun sirih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati sakit gigi 
Daun sirih juga sangat efektif untuk mengobati sakit gigi dengan cara yang mudah dan tanpa efek samping apapun, cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih yaitu siapkan 2 lembar daun sirih, 1/2 sendok makan garam, dan 1 gelas air panas. Cara mengolahnya bersihkan 2 lembar daun sirih lalu remas-remas, masukan kedalam gelas berisi air panas, lalu tambahkan setengah sendok makan garam, aduk-aduk hingga rata, tunggu hingga air manjadi hangat dan gunakan untuk berkumur. Jika gigi sakit karena berlobang maka langsung saja remas-remas daun suruh dan tempelkan di tempat gigi yang berlubang. 

4. Daun sirih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati bau mulut 
Bau mulut memang sudah umum terjadi dan banyak yang telah menemukan caranya, salah satunya adalah dengan cara yang sama dengan mengobati sakit gigi, hanya dibuat kumur kumur setiap pagi dan sore, dengan seketika bau mulut akan hilang dan menjadi lebih segar bau mulut kita, selain itu juga berkumur dengan daun sirih juga dapat membunuh berbagai kuman dan bakteri yang terdapat pada mulut. 

5. Daun sirih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan 
Daun sirih memiliki khasiat ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, ekstrak daun sirih dapat membunuh kuman dan bakteri, dan menghilangkan jamur yang menyebabkan radang tenggorokan, caranya yaitu siapkan 2 lembah daun sirih, siapkan juga 1 gelas air panas, remas-remas daun sirih lalu masukan kedalam gelas berisi air panas, aduk hingga berubah warna, tunggu hingga dingin lalu saring larutan dan pisahkan dengan ampas daun sirih, gunakan untuk berkumur dengan cara, agak menegak keatas agar larutan dapat masuk kedalam pangkal tegorokan yang sakit, lakukan secara rutin teratur 2 hingga 3 kali sehari. Tidak lama radang tenggorokan akan sembuh total. 

6. Daun sirih berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak 
gusi bengkak


Gusi bengkak disebabkan dengan berbagai sebab, salah satunya adalah bakteri yang terdapat pada gusi mulut kita, obati dengan larutan daun sirih akan mempercepat penyembuhan gusi bengkat, caranya yaitu rebut 3 lembar daun sirih hingga mendidih, tuang kedalam gelas kaca, tunggu hingga dingin, pakailah kumur-kumur, secara rutin 3 kali sehari, maka gusi bengkak akan segera sembuh dan mulut juga segar. 

7. Daun sirih berkhasiat untuk membersihkan mata 
Dari dulu saya sudah menggunakan daun sirih untuk membersihkan mata, mencerahkan mata dari segala kotoran yang masuk kedalam mata, dengan rendaman daun sirih mata akan menjadi lebih segar, bersih, cara menggunakan daun sirih untuk membersihkan mata, siapkan wadah untuk merebus daun sirih, usahakan wadah harus benar benar bersih, agar nantinya mata kita tidak perih, setelah sirih direbus hingga mendidih.

8. Daun sirih berkhasiat untuk menghilangkan bau ketiak dan bau badan 
Bau badan dengan mudah untuk dihilangkan dengan air rebusan daun sirih, dari dulu air sirih di gunakan untuk mempercantik dan memperwangi tubuh, cara siapkan sekitar 30 lembar daun sirih, lalu rebus hingga mendidih, tunggu hingga hangat, gunakan rebusan air sirih tersebut untuk mandi, usapkan dan gosokkan pada tempat yang bau ketiak dan tempat yang sangat bau, dengan begitu badan akan menjadi segar dan wangi. 

9. Daun sirih berkhasiat untuk mengobati asma 
Asma dapat disembuhkan dengan mudah dan dengan biaya yang murah hanya dengan terapi daun sirih, caranya rebus daun sirih 4 lembar dengan air 2 gelas, rebus hingga air hanya menjadi 1 gelas, lalu minum ketika hangat, lakukan secara teratur penyakit asma akan beransur-ansur pulih dan hilang. 

10. Daun sirih berkhasiat untuk mengobati demam berdarah 
Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Dengan cara merebus daun sirih kemudian minum air rebusan daun sirih. Daun sirih berfungsi untuk membunuh kuman penyebab demam berdarah.

11. Daun sirih berkhasiat untuk mengobatai penyakit bronchitis 
Penyakit bronkitis adalah penyakit yang cukup menyiksa bagi yang menderitanya, orang yang terserang penyakit bronkitis sering mengalami batuk batuk bahkan sampai merasakan dada sakit. Cara menyembuhkan penyakit Bronkitis adalah dengan cara. Cuci 7 lembar daun sirih dan rajang. Rebus dengan 2 Gelas air serta tambahkan 1 potong gula batu. Saring air setelah mendidih dan air tersisa 1 gelas.Air rebusan siap di gunakan. Setalah itu Minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masing masing 3 sendok makan setiap minum, Lakukan secara rutin selama beberapa hari.

12. Daun sirih bermanfaat untuk menghilangkan jerawat 
Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih tidak hanya ampuh untuk mengatasi gatal, tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Untuk mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat. Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air sirih lalu gunakan untuk mengusap wajah. Jika Anda menginginkan cara yang lebih simpel, gunakan air sirih yang masih hangat tadi untuk mencuci muka. Sebelumnya pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih dari makeup. Lakukan perawatan ini minimal sehari dua kali, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

13. Daun sirih  dapat mengobati penyakit keputihan pada wanita 
Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zar samak dan kavikol mempunyai manfaat dalam membunuh kuman, memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur. Daun sirih bermanfaat dalam menghilangkan keputihan. Caranya dengan mengambil sepuluh helai daun sirih yang telah dibersihkan kemudian direbus dengan dua liter air selama lima menit, tunggu hingga air rebusan hangat, gunakan air rebusan untuk membasuh area kewanitaan secara teratur seminggu tiga kali.Jangan terlalu sering membasuh area kewanitaan dengan daun sirih justru akan menghilangkan bakteri baik yang seharusnya dapat menjaga ph kewanitaan anda.

14. Daun sirih dapat menyembuhkan haid tidak teratur
Cuci bersih 1 buah mengkudu dan 1 genggam daun sirih, lalu tumbuk sambil beri air matang 1 gelas. Pperas dan saring. Minum 2 x sehari, pagi dan sore, setelah makan.

15. Daun sirih dapat menyembuhkan sakit mata 
Catatan Daun sirih sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit mata dengan baik, namun pada penelitian beberapa waktu lalu penggunaan ekstrak daun sirih untuk membersihkan mata beresiko besar pada kebutaan, untuk ini saya sarankan untuk periksakan saja pada dokter setempat, agar tidak mendapat resiko besar pada kebutaan.

16. Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati peradangan gusi 
Gusi bengkak/gusi berdarah atau dalam medis dikenal dengan istilah periodontitis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada gusi (gingivitis). Gejala yang timbul pada penderita radang gusi (gusi bengkak/gusi berdarah), yaitu: gusi bengkak, Gusi mudah berdarah, Bau mulut yang tidak sedap. Beberapa penyebab/faktor resiko terjadinya radang gusi (gusi bengkak/gusi berdarah): Kebersihan gigi dan mulut yang buruk, Cara menyikat gigi yang salah. Penyebab utama dari gusi bengkak/peradangan ini adalah berkembangnya bakteri pada tartar atau plak yang tumbuh diantara gusi dan gigi sehingga mengakibatkan infeksi atau radang gigi. Hal ini menjadikan gusi menjadi membengkak dan mudah berdarah. 

Caranya yaitu siapkan 2 lembah daun sirih, siapkan juga 1 gelas air panas, remas-remas daun sirih lalu masukan kedalam gelas berisi air panas, aduk hingga berubah warna, tunggu hingga dingin lalu saring larutan dan pisahkan dengan ampas daun sirih, gunakan untuk berkumur dengan cara, agak menegak keatas agar larutan dapat masuk kedalam pangkal tegorokan yang sakit, lakukan secara rutin teratur 2 hingga 3 kali sehari. Tidak lama radang tenggorokan akan sembuh total.

17. Daun sirih berkhasiat untuk mengobati mimisan 
Cara mengobati mimisan yaitu gunakan 1 lembar daun sirih yang digulung dan ditekan hingga mengeluarkan sedikit minyak. Kemudian tutup lubang hidung yang berdarah dengan daun sirih dan biarkan selama lebih dari 5 menit. Ini akan membuat perdarahan cepat berhenti.

18. Daun sirih dapat menghilangkan gatal-gatal 
Cara menyembuhkan gatal-gatal dengan daun sirih yaitu rebus 20 lembar daun sirih hingga mendidih, lalu tunggu hingga rebusan menjadi hangat, lalu gosok-gosokan, atau basuh bagian yang gatal dengan rebusan daun sirih tersebut. 

19. Daun sirih dapat mengobati luka bakar dengan cepat 
Cara mengobati luka bakar dengan daun sirih, bersihkan 5 lembar daun sirih, lalu peras dan ambil air yang dihasilkan dari daun sirih, setelah mendapatkan air perasan tersebut, tambahkan dengan beberapa tetes madu lalu bubuhkan pada bagian yang terdapat luka bakar. 

20. Daun sirih dapat menyembuhkan koreng 
Cara menyembuhkan luka koreng dengan daun sirih tidak jauh berbeda dengan mengobati luka bakar yaitu dengan cara bersihkan 5 lembar daun sirih, lalu peras dan ambil air yang dihasilkan dari daun sirih, setelah mendapatkan air perasan tersebut, tambahkan dengan beberapa tetes madu lalu bubuhkan pada bagian yang terdapat koreng.

21. Daun sirih dapat menyembuhkan kurap pada kaki 
Daun sirih pun dapat mengatasi kurap karena memiliki zat yang dapat meluruhkan si jamur kurap tersebut. Carannya, cukup haluskan atau tumbuk 1 lembar daun sirih, lalu oleskan pada kurap anda.

22. Daun sirih dapat meredakan dan menyembuhkan bisul 
Daun sirih selain bisa menyembuhkan keputihan, gatal dan lainnya juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Kandungan zat zat yang bermanfaat dalam sirih sangat berguna untuk mengeringkan bisul yang meradang. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun sirih lalu cuci bersih. Kemudian tumbuk halus daun sirih dan gunakan ramuan ini untuk dibubuhkan diatas bisul. Balut dengan perban supaya tidak tercecer. Biarkan sampai mengering lalu angkat dan bersihkan dengan air bersih. Ulangi sampai melihat hasil yang diharapkan.

23. Daun sirih dapat mengurangi produksi asi yang berlebih 
Pada sebagian wanita mungkin mengalami hal ini, yaitu asi yang berlebih sehingga asi tersebut terbuang sia sia dan menjadi mubazir, dengan daun sirih anda bisa mengurangi produksi asi berlebih dengan cara, siapkan 2 lembar daun sirih, olesi daun sirih dengan minyak kelapa, lalu panggang hingga layu daun sirih, lalu tempelkan pada sekitar pay8dara anda. 

Itulah 23 Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, dan masih banyak lagi kegunaan dan manfaat dari daun sirih tersebut. Biasakan dengan gaya hidup sehat, makan bergizi dan teratur dan olahraga yang cukup agar daya tahan tubuh kita terus terjaga dan menikmati hidup dengan indah. Baca Juga Buah Naga Khasiat dan Manfaat Buah Naga dan Manfaat mengkonsumsi bawang putih untuk kesehatan tubuh.

;