Jerawat, Cara Menghilangkan Bekas jerawat

Dupeng - Jerawat adalah suatu penyakit sederhana yang dimiliki oleh seseorang, Jerawat biasanya terjadi karena tersumbatnya lubang pori-pori kulit yang mengakibatkan terbentuknya kantung pori - pori dan didalam kantung pori-pori tersebut terdapat kotoran ataupun gumpalan minyak yang membeku dan mengakibatkan terjadinya nanah didalamnya.
Hampir setiap individu pernah dan sedang mengalami penyakit tersebut, baik perempuan maupun wanita. Penyakit ini biasanya terjadi karena perkembangan hormon terhadap seseorang yang mengakibatkan terbentuknya minyak yang berlebih dan menyebabkan kulit selalu lembab dan panas, namun tidak semua minyak berlebih dapat mengalami jerawat, terkecuali pori pori tersebut tersumbat oleh sesuatu dan biasanya di sebabkan oleh debu yang menempel pada kulit dan menyumbat pori pori.

Jerawat dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan kulit kita agar tetap bersih dan terjaganya suhu kulit tubuh kita, sebaiknya gunakan penutup wajah maupun masker disaat bepergian agar kulit kita terhidar dari debu dan menempel pada kulit kita, namun cara tersebut kurang efektif karena dapat mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Dalam menjaga kulit kita terhindar dari penyakit jerawat adalah dengan cara sebagai berikut:
  1. Makan makanan yang bergizi dan bervitamin, usahakan banyak makan buah-buahan
  2. Banyak mengkonsumsi air putih setiap hari 
  3. Mengurangi banyak pikiran dan mengakibatkan kita strees
  4. Rajin membasuh muka, untuk yang muslim, dengan berwudhu dapat mengurangi resiko jerawat.
  5. Olah raga yang cukup agar minyak ada dalam tubuh kita keluar besama keringat
  6. dan beberapa cara lain yaitu selalu biasakan hidup sehat.
Penyebab Terjadinya Jerawat antara lain adalah :
  1. Produksi kelenjar minyak berlebih
  2. Bakteri
  3. Obat-obatan 
  4. Memakai kosmetik berlebih 
  5. Stres
  6. Sel kulit mati

Jerawat memiliki beberapa jenis antara lain adalah :

1. Komedo

Komedo atau biasa anak muda menyebutnya komodo adalah jenis jerawat yang paling kecil bentuknya, biasanya komedo terdapat di sekitar hidung dan bahkan dihidup itu sendiri.

2. Jerawat Biasa

Jerawat jenis ini biasanya memiliki ciri antara lain adalah tonjolan kecil dan berwarna merah kemerahan biasanya jerawat jenis ini jerawat yang paling sakit dan tidak nyaman.

3. Jerawat batu

Jerawat ini biasanya faktor keturunan yang memang berkeluarga yang memiliki hormon yang tinggi.

cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat

Cara mengobati jerawat antara lain sebagai berikut


Untuk cara mengobati terlebih dahulu kita lihat jenis jerawat yang ada pada diri kita, untuk jerawat jenis baru sebaiknya kedokter untuk mendapatkan resep yang pas dan cocok.
Untuk mengobati jerawat biasa dan komedo ada beberapa cara antara lain adalah :


Jeruk nipis juga sangat ampuh untuk mengobati jerawat, dengan cara, Pertama siapkan satu buah jeruk nipis, potong jeruk nipis tersebut, peras jeruk nipis tersebut, siapkan kapas, celupkan kapas bersih kedalam perasan jeruk tadi, olesankan keseluruh wajah dan juga terdapat jerawat tersebut, tunggu kurang lebih 20 menit, basuh muka dengan air dingin, dan lap dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepukan diwajah hingga kering.

Dengan Daun Papaya 

Pertama siapkan dua helai daun pepaya, jemur daun pepaya hingga layu tumbuk dan peras daun pepaya tersebut ambil sari dari perasan daun pepaya tersebut  oleskan sari tersebut ke jerawat tersebut, lakukan hingga sembuh total.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Bekas jerawat dapat di hilangan dengan cara beberapa cara sebagai berikut pilih salah satunya :

1. Lidah buaya
Lidah buaya dapat mengobati bekas jerawat yaitu dengan cara, Bersihkan dahulu wajah dengan air bersih, siapkan lidah buaya yang segar dan besar, potong-potong lidah buaya, peras lidah buaya yang telah di potong-potong, ambil gatahnya atau jelly lidah buaya tersebut, usapkan jelly tersebut ke wajah yang hendak di obati, diamkan sejenak selama 10-15 menit, bilas wajah dengan air bersih, lakukan hal yang sama secara rutin 2 hingga 3 kali seminggu.

2. Putih telur
Putih telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan cara, Bersihkan dahulu wajah dengan air bersih, ambil satu butir dan pisahkan dari kuning telurnya, balur wajah dengan putih telur hingga merata, diamkan sejenak hingga kering selama kurang lebih 10 sampai 15 menit, bilas wajah dengan air bersih, lalukan secara rutin hingga benar benar bersih dan hasil yang maksimal.

3. Tomat
Tomat juga dapat menghilangkan bekas luka maupun bekas jerawat, dengan cara, Bersihkan muka dengan air bersih, potong-potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian tempelkan potongan tomat tersebut di bagian wajah yang ada bekas jerawat, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, bilas wajah dengan air bersih, lakukan secara rutin setiap sehabis mandi.

4. Jeruk nipis
Jeruk nipis pun dapat menghilangkan bekas jerawat, selain untuk mengobati jerawat juga dapat digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan jerawat, dengan cara, siapkan 1 hingga 2 buah jeruk nipis, potong dan peras jeruk tersebut, balur wajah bagian bekas jerawatnya dengan perasan jeruk tadi, tunggu hingga mengering, bilas wajah dengan air bersih, lalukan secara rutin hingga hasil yang maksimal.

Itulah beberapa ilmu untuk mengatasi masalah jerawat yang terjadi umum pada masyarakat, semoga bermanfaat.

Baca juga ini :

Manfaat Jeruk Nipis

Cara Ampuh Menghilangkan Kadas

GEJALA PASCA BERHENTI MEROKOK


;