Sirsak, Manfaat Daun Sirsak

Dupeng - Sirsak (Annona Murricata L) adalah buah yang berasal dari Eropa, Buah ini pertama kali dibawa oleh kolonial belanda pada abad ke-19 ke Nusantara, nama sirsak sendiri berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzak (kantung asam) karena bentuknya menyerupai sebua kantung dan rasa dagingnya terasa asam.
Nama sirsak sendiri ada beragam nama di nusantara ini, tergantung pada daerah masing masing, tanaman sirsak adalah tumbuhan yang sangat mudah hidup di daerah mana saja, namun kebanyakan sirsak mudah tumbuh dan subur didaerah tanah banyak air.

Sirsak dapat di diolah menjadi berbagai makanan, karena sebagian besar sirsak memiliki daging yang tebal dan asam jika sudah matang, sirsak sangat mudah diolah dan dapat langsung dimakan, di kukus saat masih mentah namun sudah tua, digoreng, dan paling nikmat siksak dibuat untuk minuman segar, seperti juss, es sirsak dan lain sebagainya.

Sirsak memiliki kandungan air yang cukup banyak, selain itu sirsak memilik banyak kandungan seperti, protein, vitamin C, lemak, karbohidrat, kalsium, pospat, besi, Vitamin A, Vitamin B1, selain itu juga sirsak memiliki banyak serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, terutama pada saluran pencernaan.
Manfaat Sirsak

Manfaat Mengkonsumsi Buah Sirsak Setiap Hari

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada buah sirsak, sirsak selain dijadikan sebagai minuman penyegar, makanan kecil, cemilan buah, sirsak juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita,Sirsak dapat Mencegah Anemia, Sirsak dapat Meningkatkan Energi, Sirsak dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Sirsak dapat Melancarkan saluran pencernaan, dan juga sirsak dapat Meredakan Sakit Migran.

Dan masih banyak lagi manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh manusia, tidak hanya buahnya, hampir keseluruhan tumbuhan sirsak memiliki khasiat yang sangat majur dan mujarab untuk obat, dari yang paling nikmat adalah buahnya, bijinya, daunnya, batangnya, akarnya, sungguh luar biasa ciptaan allah ini. Daun sirsak sendiri memiliki banyak khasiat.

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Untuk Tubuh Manusia

Kanker siapa yang tidak mengenal kanker, kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti dan sangat dihindari, karena sebagian besar kanker dapat menyebabkan kematian pada penderitanya, namun jangan khawatir, kanker dapat disembuhkan secara bertahab dengan mengkonsumsi daun sirsak secara rutin, daun sirsak terbukti dan banyak penelitian bahwasanya daun sirsak mengandung senyawa acetogenins, tanin, fitosterol, kalsium oksalat, alkaloid murisin, flavonoida dan steroida (Suranto, 2011). 

Beberapa kandungan kimia lainnya terdapat dalam daun sirsak termasuk annonaceous acetogenins. Annonaceous acetogenins merupakan senyawa yang terdapat dalam familia Annonaceae yang diduga memiliki potensi sitotoksik. Senyawa sitotoksik adalah senyawa yang dapat bersifat toksik untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker (Zuhud, 2011). 

Penggunaan daun sirsak sebagai salah satu pengobatan herbal merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi obat kimia di masyarakat. Obat herbal diharapkan oleh masyarakat adalah obat yang tidak memberikan efek samping negatif pada konsumen. 

Salah satu usaha dalam meminimalisir efek samping negatif yang ditimbulkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam daun sirsak adalah ketika proses kegiatan prapanen. Organ tanaman yang diharapkan dan digunakan dalam pengobatan herbal ini adalah daun sirsak. Fase pertmbuhan daun termasuk dalam pertumbuhan vegetatif yang membutuhkan unsur N yang cukup dalam proses pertumbuhannya.

Selain itu juga daun sirsak dapat menyembuhkan barbagai penyakit diantaranya adalah menambah kekebalan tubuh, mengobati asam urat, meredakan rematik, dan juga berbagai jenis penyakit lainnya, masih banyak lagi manfaat yang terdapat pada daun sirsak.

Itulah berbagai manfaat sirsak dan daun sirsak itu sendiri, manfaatkan apa yang telah di beri yang maha kuasa, dan syukuri nikmat yang telah kita miliki, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga ini :

Cara Menghilangkan Bekas jerawat

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan


;