Jeruk Nipis, Manfaat Jeruk Nipis


Dupeng - Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) Ialah jeruk yang pertama kali ditemukan didaerah india dan Asia Tenggara, Jeruk ini berbentuk bulat lonjong dan ujungnya menguncup, warna buah kuning saat muda, dan semakin tua semakin hijau kekuningan dengan besar buah berdiameter 3 sampai dengan 6 cm, rasanya asam dan segar.
Jeruk ini adalah jernis tumbuhan buah yang memiliki Kandungan Vitamin C yang cukup besar yaitu 27 mg/ 100g dan kandungan lain adalah Kalsium (Ca) terdiri dari 40mg/ 100g, dan Fosfor (P) Terdiri dari 22mg/100g, tentu ini sangat bermanfaat besar bagi kebutuhan terutama untuk kesehatan kita.

Jeruk nipis memiliki kandungan kimia antara lain adalah asam sitrat sebnyak 7-7,6%, damar lemak, mineral, vitamin B1, sitral limonene, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, linalin asetat.

Jeruk nipis bermanfaat bagi kesahatan tubuh manusia, selain itu jeruk nipis juga sering dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit yang dialami oleh manusia diantaranya adalah :

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk Nipis, Manfaat Jeruk Nipis 


1. Mengobati Sariawan

Sariawan disebabkan oleh kekurangan Vitamin C, namun ada pula yang disebabkan oleh luka kecil dan menjadi besar dan sangat sakit, namun Sariawan dapat di sembuhkan dengan mengkonsumsi jeruk nipis yang diperas dan dilarutkan dengan air hangat, dapat juga di campur dengan Gula batu agar tidak terlalu asam atau kecut.

2. Mengobati Batuk

Dokter menganjurkan agar mengkonsumsi Jeruk nipis untuk meredakan Batuk, tentu batuk adalah hal yang sangat tidak menyenangkan dan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, cukup dengan jeruk nipis batuk dapat sembuh dalam beberapa hari saja, Dengan cara Rebus 3-4 potong tipis jeruk nipis dalam 2 gelas (500 ml) air. Didihkan tanpa ditutup, hingga airnya tingga separuh. Bubuhi madu. Minum hangat

3. Mengobati Amandel

Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati amandel, namun amandel tidak langsung terlihat hasilnya butuh waktu agar amandel dapat sembuh sepenuhnya.

4. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorongan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan tentu ada dua jenis penyebabnya yaitu virus dan bakteri, keduanya berbeda namun tetap daya tahan tubuh sangat dibutuhkan untuk mengobati Radang tenggorongan tersebut, Namun dengan mengkonsumsi jeruk nipis dapat mengurangi radang tersebut

5. Mengobati Demam

Demam dapat diatasi dengan bahan sederhana yaitu dengan Jeruk nipis dan juga minyak kayu putih, dengan cara potong-potong jeruk nipis sekitar 2 butir saja, lalu direbus, setelah direbus campur jeruk rebus tersebut dengan minyak kayu putih lalu di remas dan balurkan keseluruh tubuh, insya allah akan menurunkan demam tersebut.

6. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah jenis penyakit yang sangat dibenci oleh kalangan remaja, tidak luput juga para orang tua, jerawat biasanya disebabkan oleh tingginya hormon seseorang, dan minyak berlebih, jerawat dapat dikurangi dengan menggunakan jeruk sebagai bahan dasarnya. yaitu dengan cara sebagai berikut: Pertama siapkan satu buah jeruk nipis, potong jeruk nipis tersebut, peras jeruk nipis tersebut, siapkan kapas, celupkan kapas bersih kedalam perasan jeruk tadi, olesankan keseluruh wajah dan juga terdapat jerawat tersebut, tunggu kurang lebih 20 menit, basuh muka dengan air dingin, dan lap dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepukan diwajah hingga kering.

7. Mengobati Sakit Gigi

Sakit Gigi, siapa yang tahan dengan sakit gigi, sakit gigi harus dihindari oleh setiap orang, karena sangatlah tidak nyaman denga adanya sakit gigi, sakit gigi dapat menyebabkan orang menjadi malas dan bahkan bisa menyebabkan orang mudah emosi, namun jika sudah terlanjur sakit gigi cukup dengan jeruk nipis dapat meredakan rasa sakitanya gigi tersebut, yaitu dengan cara, ambil perasan jeruk nipis, lalu ambil kapas bersih, celupkan kapas tersebut kedalam perasan jeruk tersebut, lalu taruh kapas yang sudah dicelupkan perasan jeruk tersebut ke dalam gigi yang sakit, diamkan kurang lebih setengah menit, lalu ambil kapas tersebut, lakukan cara tersebut rutin setiap 10 sampai 15 menit sekali, hingga reda.

8. Mengobati Ambeien

Ambeien dapat di sembuhkan dengan Jeruk nipis, namun hal tersebut salah, melaikan adalah akar dari jeruk nipis, karena akar tersebut ampuh untuk meredakan sakit ambeien, cukup dengan merebus akar jeruk nipis kira-kira 2 sampai 4 potong akar jeruk nipis tersebut dengan air 1 1/2 litter air bersih hingga mendidih, lalu disaring dan di minum setiap sore hari secara rutin.

9. Mengobati Anyang-Anyangan

Siapa yang tidak kenal anyang-anyangan, hampir setiap individu di indonesia ini pernah mengalami yang namanya anyang-anyangan, Penyakit jenis ini sangat tidaklah nyaman dimana kita harus mondar mandir kekamar kecil namun tidak mendapatkan hasil memuaskan karena hanya beberapa tetes saja yang dikeluarkan. hanya membayangkan saja sudah sangat ironis.Namun jika sudah terlanjur maka yang perlu anda siapkan untuk mengobati Anyang-Anyangan adalah dengan sebuah jeruk nipis dan juga gula pasir, yaitu peras dan seduh air jeruk nipis tersebut dan campur dengan segelas air hangat tambahkan dengan gula pasir agar tidak terlalu asam, lakukan secara rutin pagi siang sore hingga sembuh.

10. Mengobati Batuk Disertai Influenza

Batuk bisa di obati dengan cara merebus 3-4 potong tipis jeruk nipis dalam 2 gelas (500 ml) air. Didihkan tanpa ditutup, hingga airnya tingga separuh. Bubuhi madu. Minum sewaktu masih hangat.

11. Mengurangi Bau Badan

Siapa sangka bahwasanya bau badan bisa diatasi dengan jeruk nipis, siapa yang suka bau badan, bau badan sering terjadi pada siapa saja, namun ada sebagian orang yang mengalami bau badan berlebih dan tentunya tidak nyaman bagi kita maupun orang disekitar kita, dengan membelah jeruk nipis menjadi dua lalu beri sedikit kapur sirih campur keduanya, dan olehkan jeruk tadi yang sudah dicampur dengan kapur sirih diketiak anda setalah mandi, lakukan secara teratur.

12. Mengobati Batu Ginjal

Batu Ginjal dapat di obati dengan Jeruk nipis, karena jeruk nipis mengandung kalium sitrat yang cukup banyak, dan penyakit tersebut dapat di sebuhkan dengan cara rutin mengkonsumsi Jeruk nipis baik secara langsung di makan maupun dicampuer dengan minuman seperti teh dan lain sebagainya.

13. Mengobati Difteri

Obati Difteri dengan 2 buah jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

14. Mengobati Haid Tidak Teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

15. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari. 


16. Mengobati Terkilir

Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari. 

Itulah beberapa manfaat dari jeruk nipis, namun masih banyak lagi manfaat yang terkandung pada jeruk nipis, semoga bermanfaat.

Baca juga ini : 

;