Daun Pepaya, Manfaat Daun Papaya untuk Kesehatan

Dupeng - Daun pepaya siapa yang tidak mengenal daun pepaya, bentuknya lebar, berwarna hijau tua, rasanya pahit jika dimakan. Ternyata dibalik pahitnya daun pepaya menyimpan banyak khasiat untuk menyebuhkan berbagai penyakit yang sering dialami oleh banyak orang terutama para orang tua dan pekerja keras.


Rematik, mungkin penyakit ini sudah biasa didengar ditelinga kita, terutama para orang tua, dan pekerja keras. Rematik merupakan penyakit Yang Menyerang Anggota Anggota gerak, Yaitu Sendi, Otot, tulang Dan Jaringan Sekitar Sendi. Keluhan Yang Sering Muncul Adalah Nyeri, kaku, Bengkak Sampai keterbatasan gerak Tubuh. Nyeri pãda rematik hampir sama pãda Saat Keseleo. Namun, pãda rematik Disertai peradangan persendian pãda Dan kulit terlihat memerah Akibat munculnya peradangan.

Rematik dapat disembuhkan dengan berbagai cara, contohnya oprasi, terapi dan lain sebagainya, tentunya kita tidak menginginkan hal itu, namun untuk yang telah menderita penyakit rematik ada cara alternatif untuk mengobatinya, yaitu dengan terapi daun pepaya dan akarnya.

Daun pepaya dan akar pepaya di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah rematik (Rheumatoid Arthritis), cara ini cukup sederhana dan sangat murah harganya, namun membutuhkan kesabaran untuk dapat menyebuhkan penyakit ini, karena umumnya penyakit tidak ada yang instan sembuh, butuh waktu untuk dapat menyembuhkannya. Maka sebelum kita sakit sebaiknya kita hindari penyakit, banyak dokter bilang bahwa, lebih baik mencegah dari pada mengobati. memang benar itu adanya.


Kandungan Gizi Daun Pepaya 


Kandungan Gizi pada daun pepaya cukup banyak sekali diantaranya adalah, daun pepaya memiliki kandungan, Vitamin C, VItamin A, Vitamin B1, Kalsium, Protein, Lemak, Kalori, dan juga Karbohidrat yang sangat berguna bagi kebutuhan tubuh kita. Daun pepaya terasa sangat pahit karena Daun pepaya juga memiliki kandungan Zat papain yang cukup tinggi, Zat ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan kita, tidak heran jika ada orang yang baru saja memakan daun pepaya nafsu makannya jadi lebih besar.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan


Daun pepaya memiliki manfaat yang sangat banyak sekali terutama daun pepaya dapat dijadikan bahan dasar ramuan obat-obatan, terutama obat-obat tradisional. Adapun Daun pepaya dapat di gunakan sebagai obat sebagai berikut :

  1. Daun pepaya dapat dijadikan obat rematik
  2. Daun pepaya dapat dijadikan obat batu ginjal
  3. Daun pepaya dapat dijadikan obat jerawat
  4. Daun pepaya dapat dijadikan obat untuk kecantikan
  5. Daun pepaya dapat dijadikan obat untuk keputihan 
  6. Daun pepaya dapat dijadikan obat untuk malnutrisi yaitu kekurangan gizi pada balita
  7. dan masih banyak lagi

Cara membuat ramuan obat rematik

Daun pepaya dapat dijadikan obat alternatif gejala penyakit rematik, adapun cara meraciknya adalah sebagai berikut :

Bahan-bahannya :


  1. Siapkan selambar daun pepaya yang agak tua.
  2. Siapkan akar pepaya sebanyak 2 potong akar pepaya, masing-masing perpotong yaitu sekitar 10 sampai dengan 15 cm, dan diameter 1 sampai 2 cm.
  3. Siapkan 3 gelas air putih dan bersih.


Alat-alat :


  1. tumbukan (ulekan yang bersih)
  2. baskom 
  3. gelas 
  4. kompor
  5. saringan minuman
  6. panci


Cara membuatnya :


  1. Cuci daun pepaya dan akar pepaya hingga bersih dari tanah dan debu.
  2. Siapkan tumbukan dan masukkan daun pepaya dan akar pepaya hingga halus
  3. Masukan hasil tumbukan tersebut kedalam panci
  4. Masukan air kedalam panci yang telah diisi hasil tumbukan daun pepaya dan akar pepaya, lalu masak hingga mendidih.
  5. Saring hasil godokan daun pepaya dan akar pepaya tersebut kedalam baskom
  6. Tuang kedalam gelas bersih dan minum.


Saran penggunaannya :

Minum air seduhan tadi setiap sekali dalam sehari. lakukan secara rutin agar hasilnya memuaskan,.

Itulah manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita, masih banyak lagi manfatat-manfaat daun pepaya untuk kesehatan, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat daun pepaya.

Baca juga ini :

Manfaat Jeruk Nipis


;