Jinten Hitam, Manfaat Jinten Hitam

Dupeng - Jinten Hitam atau biasa disebut dengan Habbatus Sauda Adalah jenis tumbuhan rempah rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan maupun bahan atau bumbu makanan.

Jinten Hitam atau (Nigella sativa Linn.) memiliki ciri khusus yaitu berbentuk biji berwarna hitam dan agak persegi tiga. Jinten Hitam atau Nigella Sativa Linn memiliki beberapa jenis Klasifikasi. 
Berikut adalah klasifikasi dari tanaman Jinten Hitam : 


Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Ordo : Ranunculales
Family : Ranunculaceae
Genus : Nigella
Species : Nigella sativa

Jinten Hitam  memiliki banyak manfaat yang terkandung didalam biji jinten hitam tersebut bagi kesehatan manusia, itu dapat dilihat dari ungkapan Nabi besar Muhammad SAW yang berbunyi sebagai berikut : 
Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah RA bahwa ia pernah mendengar Nabi bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”. 

Habbatus sauda’ berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena faktor temporal. Biji habbatus sauda’ mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Telah terbukti dari berbagai hasil penelitian ilmiah bahwa habbatus sauda’ mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami. 

Beberapa resep penggunaan dan manfaat habbatus sauda’:
  1. Ditumbuk, dibuat adonan dangan campuran madu, kemudian diminum setelah dicampur air panas, diminum rutin berhari-hari: menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI.
  2. Diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat.
  3. Minum minyaknya kira-kira sesendok dicampur air untuk menghilangkan sesak napas dan sejenisnya.
  4. Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi karena kedinginan.
  5. Digunakan sebagai pembalut dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.
  6. Ditumbuk halus, setiap hari dibalurkan ke luka gigitan anjing gila sebagian dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.
Untuk konsumsi rutin menjaga kesehatan, sebaiknya dua sendok saja. Sebagian kalangan medis menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsinya bisa mematikan.

Adapun manfaat manfaat Jinten Hitam 

 Jinten Hitam, Manfaat Jinten Hitam


1. Memberikan perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuh

Jintan hitam sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel-sel yang baik bagi tubuh untuk membunuh sel-sel jahat yang tidak berguna dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh terhadap gangguan kesehatan dan tubuh pun tercipta. Jintan hitam bermanfaat sebagai pelindung untuk meningkatkan imunitas tubuh yang bekerja efektif sampai dengan 72 % lebih besar dibanding dengan Plasebo yang hanya memiliki tingkat efektivitas sebanyak 7 %. Alhasil dengan mengkonsumsi habbatussauda dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh terutama untuk mencegah penyebaran virus mematikan seperti Kanker dan Aids.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Jintan hitam memiliki kandungan senyawa asam linoleat yang merupakan nutrisi yang diperuntukan bagi sel otak dan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan serta dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak.

3. Meningkatkan aktivitas hormon dalam tubuh

Jintan hitam yang mengandung streol bermanfaat sebagai sintesa dan aktivitas hormon dalam tubuh. Agar tubuh secara optimal menghasilkan hormon yang baik dari setiap bagian dan fungsi tubuh.

4. Menetralisir racun yang ada di dalam tubuh

Senyawa saponin yang terkandung dalam jintan hitam bermanfaat untuk menetralisir dan menghilangkan racun tak berguna dalam tubuh. Racun yang terdapat dalam tubuh dapat mengganggu dan merusak fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, paru-paru dan otak. Kemudian tubuh akan mengalami keracunan yang dapat bersumber dari beberapa jenis makanan tertentu dan mengakibatkan diare, kepala pusing, gangguan pernapasan, perut mual dan gangguan kesehatan lainnya.

5. Mengatasi rasa stress dan gangguan psikologis lainnya

Saponin selain bermanfaat sebagai pengusir racun dalam tubuh. Saponin juga memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya seperti ginjal, jantung, syaraf serta otot atau persendian tubuh. Saponin juga sangat bermanfaat karena memiliki efek menenangkan dan membantu mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, suasana hati dan dapat menghilangkan stress.

6. Membantu melancarkan saluran pencernaan dan anti bakteri

Minyak astsiri dan volatile yang terdapat pada jintan hitam diketahui dapat berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun umumnya minyak astsiri digunakan untuk mengobati diare. Karena menurut penelitian minyak astsiri lebih efektif dalam membunuh bakteri E coli dan Colera dibanding antibiotik lainnya.

7. Memperbanyak produksi ASI (Air Susu Ibu)

Jintan hitam yang tidak banyak mengandung lemak tidak jenuh serta struktur hormonal yang terdapat pada jintan hitam dapat membantu memperbanyak produksi ASI (air susu ibu)

8. Sebagai anti tumor

Jintan hitam yang berguna untuk merangsang sumsum tulang dan sel-sel daya tahan tubuh, membentengi tubuh dari serangan penyakit yang kronis atau mematikan seperti tumor yang kemudian berkembang menjadi kanker. Jintan hitam mampu menekan dan menghancurkan sel-sel mati dalam organ tubuh penyebab gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya inferon yang mampu melahirkan sel-sel baru dan normal penghancur sel-sel tumor serta dapat meningkatkan Antibodi.

9. Menyembuhkan Berbagai Penyakit Pernafasan

Habbatussauda dapat menyembuhkan asma brocnhial, bronchitis, tubuh yang mudah lemas, batuk rejan, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan pernapasan.

10. Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Gairah Sex

Jintan hitam ternyata memiliki khasiat yang sangat bermanfaat dan luar biasa khususnya bagi pria. Jintan hitam ternyata mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mukhollad A Muhammad, seorang peneliti yang berasal dari Universitas Yordania, Fakultas Kedokteran.
Selain itu, habbatussauda juga dapat membantu menurunkan berat badan secara alami dan tanpa efek samping, karena jintan hitam bekerja membantu menghambat penyerapan lemak dan kemudian lemak dibakar menjadi sumber energi bagi tubuh. Jintan hitam juga dapat dijadikan obat anti kanker, mengatasi Diabetes mellitus, mencegah timbulnya kolesterol penyebab kenaikan berat badan dan lainnya.

11. Sebagai nutrisi tambahan bagi Ibu hamil dan balita

Ketika anak-anak memasuki pertumbuhan, tentunya para orang tua menghadirkan dengan melengkapi kebutuhan nutrisi dan energi setiap harinya bagi buah hati. Diketahui bahwa jintan hitam dapat dijadikan nutrisi pelengkap bagi buah hati Anda agar terhindar dari serangan penyakit flu/pilek serta meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi anak. Jintan hitam tak hanya dapat dkonsumsi dan dirasakan manfaatnya untuk anak-anak saja. Namun bagi Anda seorang ibu yang sedang mengandung, mengkonsumsi habbatussauda yang berasal dari biji jintan hitam juga dianjurkan untuk mengkonsumsi habbatussauda atau jintan hitam yang sangat baik bagi nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak pada janin dan memberi kekuatan bagi sang ibu dalam masa kehamilan serta mencegah janin dari cacat otak dan fisik. Hal ini dibuktikan adanya kandungan Omega 3, omega 6 dan omega 9 yang terkandung dalam biji jintan hitam.

12. Nutrisi bagi lansia dan food suplement

Para orang tua yng sudah lanjut usia, tentunya ingin tampil awet muda setidaknya tetap tampil sehat di usia yang semakin matang. Habbtussauda yang berasal dari biji jintan hitam ini mampu memberikan nutrisi tambahan yang sangat penting bagi fungsi organ tubuh dan jaringan otak bagi lansia.

Guna mempertahankan memori yang sudah ada agar tidak hilang dimakan usia, mencegah kepikunan, membuat awet muda dan tubuh tetap sehat, serta memberi nutrisi bagi imunitas tubuh atau kekebalan tubuh, mencegah penurunan fungsi kerja organ tubuh, mencegah penuaan dini, dan mencegah dari gejala-gejala osteoporosis. Hal ini didukung karena adanya kandungan 15 macam asam amino sebagai penyusun isi protein yang didalamnya terdapat 9 asam amino essensial. Namun asam amino tidak hanya diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, asam amino juga didapat dari berbagai sumber atau jenis makanan yang mengandung asam amino secara optimal.

Begitu banyak manfaat jinten hitam untuk kesehatan manusia, kita patut bersyukur dan manfaatkan sebaik mungkin anugerah Allah SWT ini. 

referensi : http://www.jintanhitam.org/ keperawatanreligionnurviananovianti.wordpress.com/

Baca Juga ini : 
Manfaat Madu Menurut Islam
Jeruk Nipis, Manfaat Jeruk Nipis 
Cara Memutihkan Wajah 
Cara Menghilangkan Bekas jerawat

;