IKAN CUPANG, BUDIDAYA IKAN CUPANG

Dupeng - Ikan Cupang (Betta sp.) Cupang atau Biasa Disebut dengan ikan Aduan adalah jenis ikan yang memiliki ciri khusus yaitu bentuk dan warnanya yang unik dan beragam, ikan ini sebenarnya tidak hanya untuk ikan aduan karena ikan cupang ternyata ada beberapa jenis.

Jenis ikan cupang sendiri terdiri dari ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan yang terakhir adalah ikan cupang liar yang hidupnya di alam dan tidak dibudidaya.

                                                                                       Ikan Cupang
Kerajaan:
Animalia
Filum:
Chordata
Kelas:
Actinopterygii
Ordo:
Perciformes
Famili:
Osphronemidae
Genus:
Osphronemus
Bleeker, 1850
Spesies:

Ikan cupang sendiri tergolong jenis ikan yang punya pertahanan hidup yang kuat dan juga memiliki karakteristik kuat dan agresif, terbukti dengan percobaan sesama jenis ikan jantan cupang ditaruh kedalam wadah kecil yang berisi air, mereka akan bertarung dan mempertahankan hidup.

Untuk sebagian orang banyak yang menggemari ikan cupang sebagai koleksi, baik untuk hias, aduan maupun hanya sekedar iseng, namun pada umumnya ikan cupang digunakan untuk aduan.

Dibalik bentuk dan warnanya yang menarik dan juga agresif ternyata ikan cupang memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan untuk kalangan pembisnis ikan cupang, 

Dalam satu Indukan biasanya menghasilkan ratusan hingga ribuan benih anakan ikan cupang, tinggal dikalikan saja, semisal dengan ikan cupang jenis crown tail yang dipatok harga sekitar Rp. 1.500 dan hasil dari anakan induk pemijahan sekitar  500 ekor maka hasilnya adalah sekitar Rp 750.000 dalam satu indukan untuk sekali pemijahan, bayangkan saja jika jumlah indukan kita memiliki 10 pasang indukan.

mungkin banyak yang mengira bahwa membudidayakan ikan Cupang pekerjaan yang susah dan memerlukan biaya yang mahal dalam prosesnya,tapi kali ini saya akan memeberikan cara yang efektif dan efesien dari segi waktu,cara maupun biaya..
Untuk lebih jelasnya cara memudidayakan ikan cupang silahkan simak sedikit pengetahuan dibawah ini : 

Pemijahan Ikan Cupang

 IKAN CUPANG, BUDIDAYA IKAN CUPANG

1. Silahkan siapkan indukan yang bagus dan siap dikawinkan minimal berumur 3-4 bulan dengan cirir-ciri khusus jantan sudah mengeluarkan gelembung-gelembung dan betina sudah ada bercak putih di kelaminya,tidak kalah penting pilihlah indukan yang sehat dan memiliki warna yang bagus karena akan memepengaruhi pada keturunannya .

Dalam membudidayakan ikan cupang di perlukan pengetahuan tentang memilih indukan ikan cupang yang baik, maka saat ini saya akan beritahukan cara memilih indukan yang baik untuk ikan cupang yang ingin kita kawinkan. semoga bermanfaat.

  • Untuk umur ikan cupang jantan & Betina sebaiknya pilih umur ikan antara 6 s/d 12 bulan karena pada umur sekianlah ikan akan menghasilkan kwalitas terbaik,
  • Badan ikan proporsional yaitu bentuk badan ikan cupang antara kepala sampai pangkal ekor badannya hampir sama, ya… walaupun untuk ekor agak mengecil sedikit tidak sebesar kepalanya.
  • Tidak ada luka ataupun cacat di dalam badan, mata, serip ekor, atau lainnya. karena di takutkan ada cacat genetik atau cacat bawaan dari indukan yang kurang baik bagi para anak-anaknya kelak.
  • Bentuk ekor & sirip harus tidak patah maupun rusak, ataupun tidak mekar sempurna pada setiap sisi ekor maupun siripnya. contohnya kurang baik untuk ikan cupang jenis serit yang ekornya sedikit keriting ini biasanya perawatan sebelumnya air si ikan serit ini tidak di jaga kebersihannya. ekor tidak panjang sama rata, untuk jenis half moon tidak mekar penuh & rata.
  • Warna ikan paling bagus adalah warna solid jadi tidak ada warna lain di dalam ikan cupang walaupun itu hanya kecil sekali, tapi saya juga tidak bilang warna kombinasi tidak bagus, tapi warna solid lah yang biasa di gunakan untuk kontes. untuk warna kombinasi juga bisa untuk kontes sesuai kategorinya tapi harus dilihat lagi bentuk & warnanya harus lebih menyolok & mempunyai ke khasan tersendiri.
  • Gerakan haruslah lincah masih terlihat segar & sehat, biasanya mereka berenang di daerah pertengahan wadah jadi tidak terlalu di bawah maupun terlalu di atas.

Biasanya didalam 1 kolam ikan cupang yang berukuran 1,5 x 1,5 M hanya ada sekitar 10% saja yang benar-benar bagus untuk jadi indukan unggul. Jadi pesan saya pilih lah ikan yang baik agar anda puas ketika anakan ikan kita dewasa nanti karena pastilah harga jualnya tinggi & bagi kolektor atau hobies akan sangat senang melihat keindahan ikan cupangnya mengibar-ngibarkan sirip & ekornya.

2.Pijahkan indukan terpilih dalam wadah atau Baskom untuk beternak cupang.
Biarkan proses tersebut selama 42 jam (2hari) di hari pertama ikan cupang jantan akan membuat gelembung untuk telur dan hari kedua proses perkawinan dan telur akan disimpan oleh jantan di gelembung tersebut.Setelah hari kedua kemudian angkat/pisahkan ikan cupang betina dari wadah/baskom dan biarkan indukan jantan dengan telur.

3. Simpanlah wadah/baskom tersebut di tempat yang gelap (pencahayaannya kurang) dan jangan di pindah-pindah karena jiga telur jatuh dari gelembung maka telur tersebut akan busuk atau mati.dan dalam proses tersebut ikan jantan tidak usah di beri pakan. biarkan proses tersebut hingga 10 hari atau 1 minggu,setelah itu indukan jantan di angkat kemudian pindahkan anakan ke tempat yang lebih besar secara hati-hati untuk mengurangi kematian.

Dan untuk pakan anakan ikan cupang beumur 1 minggu bisa dengan air kol (hasil remdaman sayur kol) karena air rendaman ikan kol mengandung bakteri / plankton atau bisa juga dengan jentik nyamuk yang disaring.

Anakan ikan Cupang yang sudah berumur 3 minggu akan mulai terlihat warnanya dan sudah memiliki harga jual yang cukup baik dipasaran. 

Cukup mudah dan menguntungkan, silahkan anda coba sendiri dan beri saya pengalaman anda dengan komen dibawah ini.

Baca Juga Ini :

;