Budidaya Ikan Lele

Dupeng - Saat ini banyak sekali peluang bisnis rumahan yang sangat mudah praktis dan efisien, pada tahun ini produksifitas rumahan sangat berkembang pesat dari sektor pertanian, industri maupun perorangan, jelas ini adalah informasi yang sangat baik untuk kemajuan kemandirian masyarakat.

Untuk sektor pertanian adalah hal yang sangat penting untuk kebutuhan pangan nasional, gimana tidak, setiap individu memerlukan makanan, membutuhkan makanan untuk memperjuangkan kelangsungan hidup, saat ini pemerintah berusaha untuk mengembangkan sektor pertanian nasional dan juga ketahanan pangan nasional, maka jelas peluang usaha pertanian cukup efisien untuk dikembangkan, namun juga harus memerlukan ilmu yang memadai agar hasil usaha kita dapat maksimal.
pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara budidaya ikan lele, mengapa ikan lele, karena ikan lele adalah jenis ikan yang sangat mudah dibudidayakan, selain itu perawatan dan modalpun cukup terjangakau, tidak lebih dari Rp. 500.000,00 kita sudah dapat menjalankan usaha ternak lele ini, dengan berbekalan niat dan usaha yang maksimal.
ikan lele, lele sangkuriang
LELE SANGKURIANG

Budidaya Lele Adalah salah satu budidaya yang cukup mudah, namun hanya membutuhkan sedikit modal dan tekat yang besar, semua orang dapat membudidayakannya, untuk cara pembudidayaan ikan lele simak beberapa tips sebagai berikut :

PERTAMA 
Penentuan jenis lele yang akan di budidayakan, jenis ikan lele ada beberapa macam antara lain yang cukup terkenal dimasyarakat adalah lele dumbo, lele lokal, lele sangkuriang, lele phiton, dan lain-lain, namun yang sangat mudah ditemui dan di dapatkan dimasyarakat adalah jenis lele dumbo, karena murah mudah dan cukup menguntungkan, pilih jenis lele yang mudah didapat dan murah bibitnya di sekitar anda,

KEDUA 
Lokasi Pembudidayaan, dimana lokasi ini harus tepat dan bersih, terhindar dari bahan kimia, atau lokasi yang bebas dari pencamaran lingkungan.

KETIGA 
Pembuatan Kolam, dalam pembuatan kolam harus disesuaikan dengan jenis lele yang akan dibudidayakan dan Lokasi yang akan dibuat kolam, dalam pembuatan Kolam ada beberapa jenis, silahkan KLIK DISINI.

KEEMPAT 
Pemilihan benih dan bibit yang berkwalitas, untuk pembudidaya tingkat kecil mungkin belum memiliki bibit lele yang bagus, namun saran saya, agar pembudidayaan lebih cepat menghasilkan lebih baik membeli benih dahulu, dan benih berkwalitas, tahan terhadap penyakit dan gangguan lingkungan sekitar.

Setelah keempat hal diatas telah disiapkan selanjutnya adalah langkah pembudidayaan, pemeliharaan, dan pemanenan,

Untuk tatacara pembudidayaan yang benar silahkan Klik DISINI
Agar budidaya tersebut menghasilkan hasil yang memuaskan maka kita harus terus belajar dan berkreasi, contohnya membuat percobaan membuat pakan pelet, untuk panduannya silahkan klik DISINI, pelet adalah salah satu kebutuhan dasar pembudidayaan, maka kita harus terus berkreasi agar dapat membuat pakan pelet dan berkwalitas, semakin tinggi kwalitas pakan pelet semakin bagus peluang untung yang didapatkan.

Semoga tips tersebut dapat membantu anda dalam pembudidayaan ikan lele dan bermanfaat.
baca juga ini :
Cara beternak lele dan keuntungan yang didapat 
Cara membuat pelet ikan berkwalitas 
Budidaya ikan nila dan keuntungan yang didapat

;