MENU SARAPAN PAGI YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Dupeng - Sarapan adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan untuk bias mempertahankan hidup maupun kesehatan.
Sarapan tidak hanya untuk mengenyangkan perut tetapi sarapan adalah hal penting yang harus di lakukan, terutama untuk kestabilan kesehatan dan daya tubuh, tentunya hal tersebut adalah salah satu kegiatan mempertahankan hidup seseorang.

Ada banyak jenis-jenis sarapan, terutama sarapan pagi. Sarapan pagi wajib di laksanakan untuk menstabilkan daya tahan tubuh seseorang terutama pekerja keras dan memerlukan energy dan pikiran yang kuat, terutama pekerja tani, kantoran, maupun pelajar, namun tidak hanya itu pengangguran pun butuh sarapan untuk mempertahankan hidup dirinya.

Sarapan pagi yang baik adalah diwaktu saat pada pagi hari yaitu dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00, jika terlewat waktu tersebut dapat dikatakan bukan sarapan pagi.

Sarapan pagi yang sehat adalah sarapan yang mengandung banyak serat namun rendah lemak, dan menganduk sedikit gula, sarapan pagi yang baik juga adalah sarapan yang mengandung protein yang cukup dan juga mudah dicerna.

Adapun fungsi sarapan pagi ialah untuk memberikan nutrisi pada otak, agar pekerjaan dan pikiran lebih fresh, selain itu juga sarapan pagi dapat mengendalikan berat badan asalkan pola makan sudah sesuai dengan anjuran dokter dan makanan sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan sebagai menjaga kesehatan tubuh, sarapan pagi juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, dan tentunya adalah mempertahankan hidup seseorang.

Berikut adalah beberapa makanan yang cocok untuk Sarapan pagi anda dirumah, dan silahkan anda pilih salah satu untuk menu anda pada pagi hari dan menurut selera anda :

MENUSARAPAN PAGI YANG BAIK UNTUK KESEHATAN



1. Nasi Goreng

Nasi Goreng mengandung energi sebesar 138 kilokalori, protein 1,6 gram, karbohidrat 15,1 gram, lemak 1,6 gram, kalsium 2,4 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,33 miligram.  Selain itu di dalam Nasi Goreng juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,43 miligram dan vitamin C 0 miligram. 


2. Nasi Uduk
Nasi Uduk adalah makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Nasi Uduk mengandung energi sebesar 152 kilokalori, protein 2,6 gram, karbohidrat 7 gram, lemak 2,6 gram, kalsium 0,02 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,21 miligram.  Selain itu di dalam Nasi Uduk juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.


3. Roti gandum + susu
Roti gandum dan susu cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari atau dijadikan sarapan pagi yang lezat dan saya rasa cukup mewah dikalangan tertentu, Roti gandum juga memiliki banyak manfaat, antara lain:
  1. Membantu program diet karena kandungan serat tingginya yang baik untuk pencernaan.
  2. Menurunkan kolesterol karena mampu mengikat asam empedu yang dapat menyebabkan kolesterol.
  3. Mengandung serat pangan tinggi.
  4. Mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin E, B2, Niasin, dll.
  5. Baik bagi penderita diabetes karena kandungan glikemiknya rendah.
4. Sereal + susu
Sereal dan susu memiliki karbohidrat yang baik untuk kesehatan, pada umumnya sereal dan susu di berikan kepada balita atau anak-anak sebelum berangkat kesekolah, namun sereal dan susu juga cukup baik untuk kesehatan orang dewasa pada umumnya. 


5. Semangka
Satu buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium.Tentunya ini sangat baik dan bisa menjaga kebutuhan energi da vitamin saat beraktifitas hingga siang dan malam hari. 
Buah melon mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
  • Karbohidrat 14,8 gr
  • Protein 1,55 gr
  • Lemak 0,5 gr
  • Potassium 546,9 mg
  • Vitamin A 5.706,5 IU
  • Vitamin C 74,7 mg



7. Air Putih 
Selain makanan makanan yang diatas hal terpenting saat kita sarapan pagi adalah minum air putih yang cukup untuk menjaga stamina tubuh kita dan juga agar tidak kekurangan mineral pada tubuh kita dan menjadikan kerja dan pikiran kita lemas hingga malas. 

8. Susu sapi segar

Susu sapi segar sangat cocok untuk melengkapi sarapan pagi kita, karena kandungan susu sendiri memiliki banyak manfaat dan kandungan yang paling banyak dibandingkan jenis makanan diatas, dianjurkan selain makanan yang disebutkan diatas juga air putih dan susu sapi segar menjadi pelengkap sarapan pagi kita. 

Bagaimana apakah kini anda bisa menentukan sarapan pagi anda? sarapan pagi sangat berguna untuk kegiatan kita selama kta belajar maupun bekerja. 

semoga bermanfaat. 

baca juga artikel makanan dan kesehatan menarik ini : 

;