Resep Kripik Ikan Lele Krispi

Dupeng - Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang cukup mudah dibudidayakan dan mudah pula untuk diolahnya menjadi beraneka jenis makanan, yang tentunya bahan dasarnya adalah ikan lele.

Saat ini pembudidayaan ikan lele cukup besar dan berkembang pesat, dengan adanya teknologi budidaya ikan lele ini, mampu merubah taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik, karena budidaya ikan lele ini cukup mudah dan sangat menguntungkan, hampir setiap kepala keluarga memiliki kolam, dan jelas tidak terlepas dari yang namanya ikan lele.

Semakin besar dan semakin banyaknya pembudidaya ikan lele, adalah informasi yang cukup baik dan membanggakan, karena dengan adanya ini maka masyarakat kini memiliki usaha yang cukup menguntungkan dan menjajikan, namu dari sisi lain dampak dari semakin besarnya pembudidaya juga tidak terlepas dengan berbagai persoalan terutama masalah pemasaran dan pembeli yang kurang, dikarenakan banyaknya pembudidaya ikan lele dan tentu harganya pun cukup terjangkau dikarenakan pengaruh dari saingan pembudidaya lainya.

Namun masalah tersebut bisa diatasi asalkan kita tetap mencari solusi maupun cara memecahkan masalah, salah satu solusinya adalah dengan cara mengolah hasil budidaya itu sendiri menjadi bahan siap saji ataupun menjadi bahan makanan matang dan dapat langsung dimakan, tentunya dengan kreatifitas pembudidaya itu sendiri.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut, baik dibuat menjadi ikan lele asin, ikan lele goreng, ikan lele pecel maupun krupuk ikan lele. Namun disini saya melihat prospek yang cukup baik dan menggiurkan, tentunya dengan pemasaran yang mudah, harga yang menurut saya menguntungkan, apa itu?

Yaitu Kripik ikan lele, mungkin sebagian orang masih awam mendengar kripik ikan lele, namun prospek ini cukup menggiurkan, selain mengatasi masalah pemasaran ikan lele mentah juga dapat mengatasi harga yang rendah dan mendapat untung tambahan dari kriatifitas pembuatan kripik ikan lele ini.

Pembuatannya pun cukup mudah dan sedikit modal, dengan 10 kilo ikan lele mentah kita dapat memproduksi kripik ikan lele ini, dan dengan bahan bahan yang sederhanya dan alat seadanya dan bersih. Berikut adalah cara mengolah ikan lele menjadi kripik ikan lele yang enak lezat dan krispi :

Resep Kripik Ikan Lele Krispi

keripik ikan lele


1. Siapkan alat alat sebagai berikut :
  1. pisau tajam (secukupnya)
  2. baskom
  3. nampan
  4. kompor siap pakai
  5. wajan 
  6. dan beberapa alat yang dibutuhkan 

2. Siapkan bahan-bahanya sebagai berikut :
  1. bahan utama 5 kilo ikan lele 
  2. tepung tapioka secukupnya
  3. bawang merah secukupnya
  4. bawang putih secukupnya
  5. kunyit secukupnya
  6. ketumbar secukupnya
  7. daun salam secukupnya
  8. penyedap rasa siap saji (contohnya roiko)

3. Cara mengolahnya
  1.  Ambil beberapa ikan lele segar, keluarkan semua isi perutnya dan cuci sampai bersih.
  2. Iris tipis-tipis ikan lele dengan menggunakan nampan dan pisau yang tajam agar hasil irisan menjadi tipis dan bagus.
  3. Haluskan bumbu-bumbu diantaranya, bawang merah, bawang putih, kunyit, kutumbar dan daun salam hingga benar benar halus.
  4. Campur penyedap rasa dengan bumbu yang telah dihaluskan secukupnya hingga rata.
  5. Campur bumbu yang sudah disiapkan tadi kedalam irisan ikan lele tadi hingga rata, dan diamkan 10 hinggal 15 menit agar bumbu meresap kedalam irisan ikan lele tadi.
  6. Setelah bumbu meresap kedalam irisan ikan lele tadi, campur irisan ikan lele tadi dengan tepung tapioka hingga mereta.
  7. Goreng ikan lele tadi hingga kuning dan tiriskan.
  8. Diamkan hingga 12 jam dan goreng kembali agar menjadi lebih krispi dan renyah.
  9. Kripik siap disantap maupun di kemas dan dipasarkan.

Cukup mudah dan simpel, setelah semunya sudah dikemas tinggal di pasarkan ke warung-warung maupun kewarung makan dengan harga yang sesuai dan terjangkau. 

Untuk melihat video cara pembuatannya silahkan simak video berikut :




Demikian cara membuat kripik ikan lele yang cukup mudah dan menguntungkan, semoga inovasi ini dapat membantu para pembudidaya ikan lele yang mengalami kesulitan dalam pemasaran.

Baca juga ini :
 
Ternak Lele, Beternak Lele dan Keuntungan yang Didapat
Budidaya Udang, dan Keuntungan yang Didapat
Resep Kerang Darah Pedas Manis

;