Jenis Jenis Ikan Lele Budidaya

Dupeng - Ikan lele, mungkin anda tidak asing lagi mendengan kata ikan lele, ikan lele yang berbentuk panjang, mengkilap, agak licin jika dipegang, memiliki senjata atau patil (bahasa jawa), dan memiliki kumis, ikan jenis ini adalah salah satu jenis ikan konsumsi didalam masyarakat.

Ikan lele biasa ditemui di rawa-rawa, kali atau saluran air hutan, disawah dan lain sebagainya, ikan lele adalah jenis ikan yang sangat mudah dibudidayakan, mengapa tidak, ikan lele sangat tahan terhadap penyakit, biasanya ikan lele kerap di taruh ditempat tempat air yang kotor dan tidak terawat namun ikan tersebut bukannya mati namun malah tumbuh besar dan gemuk sehat.
manfaat ikan lele

Ikan lele terkenal adalah jenis ikan konsumsi, dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ikan lele mengandung kalori, karbohidrat, protein dan beberapa jenis kangdungan didalam daging ikan lele, dan kandungan tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Ikan lele juga biasanya digunakan oleh petani, mengapa demikian? karena ikan lele adalah ikan yang sangat senang makan, dan sangat tahan oleh penyakit, biasanya oleh petani, ikan lele ditaruh di sawah untuk mengurangi hama diantaranya adalah keong dan hama air lainnya,

Ikan lele juga digunakan oleh pengusaha yang memiliki usaha pabrik atau usaha yang membutuhkan air sebagai dasarnya, ikan lele tersebut biasanya di taruh didalam air limbah yang konsentrasinya rendah dan bermanfaat untuk mensterilkan air yang selanjutnya akan dibuang di alam lepas.

Dan dimasyarakat sendiri biasanya memanfaatkan lele untuk mengurangi nyamuk yang ada disekitar rumah dan biasanya ditaruh dicoberan (air limbah rumah tangga) atau genangan air lainnya.

Namun manfaat senjatinya ikan lele adalah untuk di konsumsi. namun bagaimana untuk ikan lele yang telah di taruh di tempat kotor atau keruh untuk dimasak atau dikonsumsi? hal itu memungkinkan boleh dikonsumsi dan tidak berbahaya asalkan lele yang kotor tersebut harus DIBEROK dahulu (ditaruh di dalam air bersih yang mengalir selama beberapa hari hingga beberapa bulan) agar ikan tersebut menjadi steril dan layak untuk dikonsumsi.

Jenis-jenis Ikan Lele yang Dibudidayakan Di Indonesia


1. Ikan lele lokal (Clarias batrachus)


Lele Lokal adalah jenis lele yang hidup di alam di indonesia, lele ini memiliki keunggulan gurih dagingnya ketimbang jenis lele yang lain, namun pembudidaya enggan untuk membudidayakannya karena banyak faktor terutama jangka waktu yang cukup lama dan pengeluaran yang besar, tentu ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pembudidaya yaitu keuntungan yang besar.

2. Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus)


Lele Dumbo adalah jenis ikan lele yang sangat digemari oleh banyak pembudidaya, karena Lele Dumbo terkenal akan pertumbuhannya yang sangat cepat dengan waktu yang sangat singkat, Lele ini adalah hasil kawin silang antar lele afrika dan lele asli taiwan.

3. Ikan Lele Sangkuriang


Lele Sangkuriang adalah hasil dari perbaikan genetika lele dumbo yang silang balik atau biasa disebut Backcross, dan hasilnya lebih baik dari lele dumbo sebelumnya.

4. Lele Phyton


Lele Phyton adalah jenis lele yang dihasilkan dari perkawinan silang Lele Dumbo jantan dan Lele Thailand betina, sesuai dengan nama Lele Phyton memiliki ciri-ciri seperti Phyton dengan kepala pipih, mulut kecil dan warnanya yang cerah, Lele Phyton memiliki bentuk badan yang bulat dan memiliki keunggulan lebih dari lele dumbo.

Itulah jenis-jenis lele yang ada di indonesia yang umunya di budidayakan oleh petani, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, pilihlah jenis lele yang sesuai dengan kebutuhan di daerah anda dan menguntungkan bagi anda.

Baca juga ini :

Budidaya Ikan Lele

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Air Tawar

Cara Membuat Pelet Pakan Ikan Berkwalitas


;