Resep Makanan, Resep Kolak Pisang Segar Manis dan Mantap

Dupeng - Kolak Pisang adalah salah satu jenis minuman sekaligus makanan yang sangat enak dan menyegarkan, hampir semua orang menyukai kolak pisang

Kolak Pisang yang merupakan makanan sekaligus minuman yang berbahan dasarnya adalah santan, dan gula merah dan dicampur dengan beberapa bahan lain, dan menghasilkan cita rasa yang manis, gurih, wangi dan mengenyangkan, tidak heran kolak banyak digunakan untuk salah satu menu takjil saat buka puasa. 

Pada bulan ramadhan kolak tidak pernah telat untuk dijadikan menu utama takjil, karena pada dasarnya takjil yang dianjurkan adalah takjil yang rasanya manis dan mengenyangkan. Takjil Kolak pisang pilihan utama setelah kurma. 

Kolak sendiri ada banyak jenisnya dan masing-masing bahannya, ada yang menggunakan pisang, ada yang menggunakan singkong, ada yang menggunakan nangka, ada pula yang menggunakan kurma untuk bahan utamanya, semuanya tergantung selera dan kebutuhan yang diperlukan. 

Kolak Pisang selain menyegarkan dan mengenyangkan juga mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk mengganti tenaga yang hilang setelah seharian berpuasa dan menahan lapar dahaga. 

Kolak Pisang pada umumnya mudah dibuat, bahan yang sederhana, dan biaya yang sedikit. Cukup dengan bahan seadanya dirumah kita bisa membuat kolak dengan rasa yang sangat enak dan segar. 


Kolak Pisang

Resep Makanan, Resep Kolak Pisang Segar Manis dan Mantap


Bahan Resep Kolak Pisang Segar Manis dan Mantap : 
  • 3 Buah pisang kepok (300gram) dan dipotong-potong miring
  • 200 gram labu kuning, dipotong kotak-kotak
  • 200 gram ubi merah, di potong-potong kotak
  • 100 gram kolang-kaling dipotong menjadi 3 bagian perbijinya
  • 2.000 ml air 
  • 450 gram gula merah disisir halus 
  • 3 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa 
  • 8 buah nangka, dipotong panjang menjadi 4 bagian 


  1. Rebus labu kuning, ubi merah, air, gula merah, daun pandan, dan garam hingga mendidih.
  2. Tambahkan Kolang-kaling dan pisang kepok.
  3. Masak dengan api kecil hingga meresap.
  4. masukan santan dan nangka.
  5. Masak sampai mendidih dan empuk.
  6. Sajikan.


Saran Penyajian ;
Resep Kolak Pisang Segar Manis dan Mantap lebih mantap dinikmati pada saat hangat, dan diminum setelah azan magrib tiba. Resep Kolak Pisang Segar Manis dan Mantap juga tidak kalah mantapnya jika di nikmati pada saat dingin atau setelah dimasukan kedalam kulkas. 

Jika resep kami ini ada yang kurang, atau masih ada kekurang, mohon di perbaiki dengan cara komen pada kolom kometar di bawah ini

Saran Resep : 

;